Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumor Kawasaki Siap Luncurkan Ninja Hybrid

Kompas.com - 15/03/2024, 14:26 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) tampaknya akan segera meluncurkan produk baru pertamanya di tahun 2024. Hal ini terlihat dari media sosial resmi perusahaan yang menampilkan sebuah motor dalam selubung hitam.

Dilansir dari Instagram @kawasaki_indonesia (15/3/2024), terlihat tiga unit motor berjejer dengan kain penutup. Kawasaki pun tak memberikan kisi-kisi apapun, hanya sebuah keterangan bertuliskan “Something New is Coming! 21 March 2024”.

Belum diketahui apa motor tersebut, tapi dari siluet yang tampak dapat dipastikan bahwa ketiganya adalah motor bergenre sport.

Baca juga: Honda HR-V Facelift Siap Meluncur, Simak Ubahannya

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kawasaki Motor Indonesia (@kawasaki_indonesia)

Meski begitu dari beberapa rumor yang berkembang, bisa jadi motor ini adalah salah satu motor elektrifikasi terbaru dari Kawasaki, yakni Ninja Hybrid alias Ninja 7 HEV.

Seperti diketahui, Kawasaki jadi salah satu merek Jepang yang cukup agresif meluncurkan produk elektrifikasi. Secara global, merek ini telah mengembangkan motor bertenaga listrik, Hybrid, hingga Hidrogen.

Tak terkecuali dengan PT KMI yang telah merilis motor listrik Ninja e-1 dan Z e-1. Ke depan, KMI kabarnya sudah berencana untuk meluncurkan motor hybrid.

Baca juga: Gagal di MotoGP Qatar, Quartararo Sebut Motor Yamaha Belum Kompetitif

Michael C. Tanadhi, Head Sales & Promotion PT KMI, mengatakan, peluncuran kendaraan listrik di Indonesia merupakan bagian dari strategi global Kawasaki.

“Karena memang yang di-develop pertama EV dulu baru hybrid, dari Kawasaki pusatnya juga sudah mencanangkan EV, habis itu baru hybrid,” ujar Michael di Jakarta (17/11/2023).

“Ya enggak menutup kemungkinan (motor hybrid) di tahun depan,” kata dia.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Ini Tips Aman Mengemudi di Tanjakan

Motor Hybrid Kawasaki Ninja 7 HEV di Japan Mobility ShowKompas.com/Agung Kurniawan Motor Hybrid Kawasaki Ninja 7 HEV di Japan Mobility Show

Seperti diketahui, Kawasaki telah meluncurkan motor hybrid Ninja 7 HEV pada Oktober lalu. Motor ini mengombinasikan mesin 451 cc dua silinder segaris dengan motor listrik bertenaga 12,1 Tk.

Hasilnya, tenaga total yang disalurkan ke roda belakang sebesar 69,1 Tk. Uniknya lagi, tersedia versi manual shift atau automatic gearshift.

Soal distribusi bobot, baik motor listrik dan baterai lithium 48V dipasang di tengah-tengah. Jadi posisinya tertutup fairing yang terdiri dari beberapa lapis warna, hijau di bawah, silver dan hitam di atas.

Selain itu, Ninja 7 HEV yang punya fitur electronic boost menawarkan akselerasi instan layaknya moge 1.000 cc dari posisi diam. Performa yang superior tadi digabung dengan klaim konsumsi BBM hemat seperti motor 250 cc.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com