Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua Toyota bZ4X yang Kena Recall Wajib Datang ke Bengkel

Kompas.com - 30/01/2024, 19:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) melakukan recall kepada 595 unit mobil listrik bZ4X yang beredar di Indonesia, selama masa produksi Maret 2022 sampai Juni 2023.

Recall dilakukan karena adanya potensi kerusakan yang bisa terjadi. Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihak Toyota melakukan langkah lebih dini untuk memberikan pelayanan optimal kepada konsumen.

Arie Awan, Public Relation Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan telah mengirimkan undangan kepada seluruh konsumen terdampak recall bZ4X kali ini.

Baca juga: Spesifikasi Teknis Toyota bZ4X yang Kena Recall di Indonesia

Interior mobil listrik Toyota bZ4XKompas.com/Donny Interior mobil listrik Toyota bZ4X

“Baik unit masih dalam keadaan baik atau ada kendala, kami tetap memanggil mereka semua untuk melakukan perbaikan ke bengkel, undangan resmi sudah kami sebar ke konsumen,” ucap Awan kepada kepada Kompas.com, Selasa (30/1/2024).

Awan mengatakan pihaknya telah mendeteksi adanya potensi combination meter atau multi information display (MID) pada bZ4X bisa mengalami blank untuk 595 unit terdampak.

“Berhubung ada potensi tersebut, kami berinisiatif melakukan recall, karena bagaimanapun MID menampilkan beberapa informasi penting seperti instrumen lampu, level baterai dan sejenisnya,” ucap Awan.

Baca juga: Buat Para Pemilik, Begini Cara Cek Toyota bZ4X Kena Recall atau Tidak

Interior mobil listrik Toyota bZ4XKompas.com/Donny Interior mobil listrik Toyota bZ4X

Proses perbaikan yang dilakukan, menurut Awan juga tidak memakan waktu lama hanya sekitar 2 jam karena memang tidak dilakukan penggantian komponen apa pun.

“Hanya pembaruan perangkat lunak sebenarnya, untuk menghindari potensi yang bisa terjadi, dengan perangkat lunak yang baru maka MID menjadi lebih terjamin performanya,” ucap Awan.

Awan mengatakan tidak ada bahaya pada potensi kerusakan MID ini, namun sebaiknya perbaikan jangan diabaikan karena bisa menyebabkan layar menjadi hitam dan tidak memunculkan tanda apa pun.

Baca juga: Ini Dampaknya jika Pemilik bZ4X yang Kena Recall Tidak Datang ke Bengkel


“Tidak ada batas waktunya juga kapan konsumen mau ke bengkel resmi Toyota untuk melakukan perbaikan, namun kami anjurkan dilakukan segera mungkin, karena ini gratis,” ucap Awan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com