Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Listrik TVS iQube Mau Meluncur, Berapa Harganya?

Kompas.com - 16/01/2024, 16:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT TVS Motor Company Indonesia (TVS MCI) menyatakan siap meluncurkan motor listrik buat pasar Indonesia pada tahun 2024.

Motor listrik ini kabarnya bakal hadir dalam waktu dekat, meski begitu TVS belum bisa mengungkap waktu peluncurannya.

Namun yang jelas, motor listrik ini sebelumnya sempat dipajang pada pameran Jakarta Fair alias Pekan Raya Jakarta beberapa tahun silam.

Baca juga: Perbandingan Pajak Tahunan, XForce, Creta, HR-V, dan Yaris Cross

TVS iQubeFoto: Gaadiwaadi TVS iQube

“Karena dulu kami pernah tes juga, namanya iQube ya. Betul (pernah meluncur di PRJ),” ujar Ryan Rahadian, Marketing Head PT TVS MCI, kepada Kompas.com (15/1/2024).

Ryan menambahkan, motor listrik ini akan diposisikan sebagai produk premium. Diperkirakan harganya akan mendekati Honda EM1 e: yang dijual dengan harga Rp 33 juta setelah mendapat subsidi Rp 7 juta.

“Kalau TVS mungkin segmennya bisa kami bilang premium. Karena melihat speknya kami nanti, jadi memang harga kami akan premium,” ucap Ryan.

Baca juga: Kenali Penyebab Bunyi Jedug pada Transmisi Mobil Matik

Berdasarkan spesifikasi resminya, TVS iQube menggunakan motor listrik bertenaga 4,4 kW atau setara 5,9 Tk dan torsi maksimal 140 Nm. Kemudian, bobotnya mencapai 117,2 Kg dan top speed 78 Kpj.

Baterainya pakai Lithium-ion berkapasitas 3,04 kWh dengan jarak tempuh mencapai 100 Km (Mode Economy) dan 75 Km (Mode Power).

Adapun pengecasan pakai metode charging langsung (Offboard Charger) dengan waktu sekitar 4 jam 30 menit (650 Watt) dari 0-80 persen.

Di India, saat ini TVS iQube ditawarkan 1,17 lakh (wilayah Delhi), atau setara dengan Rp 22 jutaan, setelah mendapat subsidi pemerintah sekitar Rp 7 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com