Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Libur Nataru 2024, Ini Ruas Tol yang Jadi Perhatian Grup Astra

Kompas.com - 19/11/2023, 08:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator jalan tol Astra Infra memastikan kesiapan jalan-jalan tol yang dikelola oleh anak usaha Astra International Tbk (ASII) dalam menghadapi libur akhir tahun Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024.

Group COO Astra Infra Billy Perkasa Kadar dalam Workshop Wartawan Industri 2023 mengatakan, hal ini guna memastikan kelancaran dan keamanan lalu lintas di periode tersebut. Mengingat, tentunya akan ada lonjakkan mobilitas masyarakat.

"Kami memastikan bahwa semua pekerjaan jalan tol termasuk pelebaran lajur, pembuatan interchange, renovasi, rekonstruksi atau perbaikan itu sudah selesai," ujar dia di Menara Astra Jakarta, Jumat (17/11/2023).

Baca juga: Savart Resmikan Experience Store, Bidik Konsumen Jabodetabek

Sejumlah kendaraan pemudik tampak parkir di bahu jalan di Tol Palimanan-Kanci Cirebon, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). ANTARA/Khaerul Izan Sejumlah kendaraan pemudik tampak parkir di bahu jalan di Tol Palimanan-Kanci Cirebon, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022).

Billy menyebut, dari total 396 kilometer (km) jalan tol yang dioperasikan, ada dua jalan tol yang jadi perhatian utama, yakni Tol Tangerang-Merak dan Tol Cikopo-Palimanan.

Pada Tol Tangerang-Merak, perusahaan telah merampungkan pembangunan interchange. Selain itu, pelebaran jembatan Ciujung dan pelebaran lajur ketiga untuk menambah kapasitas jalan di ruang Cikande-Serang Timur juga sudah selesai sejak September 2023.

"Jadi jalur ketiga yang kami lebarkan itu Cikande-Serang Timur yang sudah selesai di September 2023. Ini penting buat arus yang menuju ke Sumatera," ujarnya.

Sementara itu, untuk Tol Cikopo-Palimanan juga telah menyelesaikan pelebaran lajur ketiga di KM 72-KM 87 serta melakukan pelebaran lajur di depan sejumlah rest area. Jalur ini penting untuk arus mudik ke wilayah timur dan tengah Jawa.

Baca juga: Korlantas Ingin Pameran Keselamatan Dijadikan Agenda Rutin

Workshop Wartawan Industri 2023 di Menara Astra, Jakarta, Jumat (17/11/2023).
KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Workshop Wartawan Industri 2023 di Menara Astra, Jakarta, Jumat (17/11/2023).

"Kita tahu pada saat Nataru dan Lebaran, titik-titik kemacetan ada di depan rest area. Untuk itu kami secara proaktif melebarkan lajur di depan rest area sepanjang 1-2 km," tuturnya.

Billy menambahkan, perseroan juga melakukan koordinasi dengan Kementerian perhubungan dan pihak pengatur lalu lintas, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

"Koordinasi kita sudah mulai dari dua bulan terakhir untuk melakukan koordinasi sehingga nanti pengaturan lalu lintas bisa berjalan dengan baik," ujar dia lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com