Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hitung Biaya Kepemilikan Alva Cervo Dalam Setahun, Gratis Servis

Kompas.com - 01/11/2023, 14:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Redaksi Kompas.com dapat kesempatan buat menjajal Alva Cervo beberapa hari. Secara singkat, motor ini mumpuni buat harian dengan fokus di performa motor.

Modelnya memang menarik perhatian, sangat futuristis. Performanya juga apik, tenaganya besar mencapai 9,8 kW atau sekitar 13,3 TK dan torsi 53,5 Nm.

Pada tulisan kali ini, akan membahas soal biaya perawatan Cervo untuk satu tahun kepemilikan. Komponen yang akan dihitung adalah biaya servis, biaya listrik, sampai pajak tahunan.

Baca juga: Segini Konsumsi Daya Listrik Alva Cervo Dipakai Harian


Pertama untuk servis, pemilik Cervo harus datang ke diler untuk servis awal di 1.000 Km atau satu bulan pertama. Setelah itu, motor diservis setiap 5.000 Km atau enam bulan sekali, mana yang tercapai lebih dulu.

Untuk biayanya, dalam dua tahun pertama pemilik akan mendapatkan gratis biaya servis. Jadi setahun pertama, tidak ada biaya yang keluar buat servis Alva Cervo.

Kemudian untuk biaya listrik, berdasarkan pengetesan kami, Alva Cervo dibawa sejauh 64,7 Km dan menghabiskan daya 2,443 kW. Maka menghabiskan biaya Rp 3.529 atau Rp 54,5 per Km.

Baca juga: Toyota FJ Bruiser, Jip Klasik dengan Kaki-kaki Gambot

Alva CervoKOMPAS.com/ADITYO WISNU Alva Cervo

Kalau misal dalam setahun motor dipakai sejauh 10.000 Km, maka biaya yang dikeluarkan buat bayar listrik sebesar Rp 545.000. Masih terbilang ekonomis kalau dibandingkan dengan isi bensin.

Terakhir untuk biaya pajak tahunan Alva Cervo, kami mendapatkan data Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) cuma Rp 35.000 per tahun. Jadi Kalau dijumlahkan, setahun cuma keluar biaya Rp 580.000.

Kalau dibagi per bulannya enggak sampai Rp 50.000, cuma Rp 48.333. Maka per harinya juga enggak sampai Rp 2.000, cuma Rp 1.500-an.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com