Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segini Konsumsi Daya Listrik Alva Cervo Dipakai Harian

Kompas.com - 31/10/2023, 19:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor listrik saat ini bisa diandalkan karena penghematan biaya operasional. Kami pun menghitung berapa konsumsi daya dari Alva Cervo yang kami tes beberapa waktu lalu.

Sebelum bahas berapa konsumsinya, Alva Cervo menggunakan baterai dengan kapasitas 1,771 kW dikali dua, jadi total 3,542 kW. Klaim dari Alva, motor ini bisa melaju sejauh 125 Km.

Untuk rute yang dilewati adalah Jakarta-Bogor PP dengan jarak sekitar 60 Km. Pada rute pertama, dari Jakarta ke Bogor, jarak yang ditempuh 60,2 Km dan menyisakan baterai 25 persen.

Baca juga: Tes Nanjak Alva Cervo, Kuat Pakai Mode Eco


Maka hitungan berapa daya yang dihabiskan, sekitar 2,646 kW. Kalau dikali dengan harga listrik PLN per kWh adalah Rp 1.444,7, biaya yang dikeluarkan adalah Rp 3.837 untuk jalan sejauh 60.2 Km, enggak sampai Rp 64 per Km.

Sedangkan untuk yang kedua, dipakai dari Bogor ke Jakarta menempuh jarak 64,7 Km dan menyisakan baterai 31 persen. Bisa dilihat, secara sisa baterai saja ini lebih hemat, maka tentu biaya yang dikeluarkan bisa ditekan.

Baca juga: Mulai 1 November, Ada Rekayasa Lalu Lintas di Puri Jakarta Barat

Mari hitung, kalau sisa 31 persen, maka daya yang digunakan untuk menempuh jarak tersebut sebanyak 2,443 kW. Kalau dihitung berapa, tinggal dikali dengan tarif listrik Rp 1.444,7 per Kw, hasilnya Rp 3.529 untuk jalan sejauh 64,7 Km, cuma Rp 54,5 per Km.

Perlu dipahami, konsumsi daya ini bisa berbeda-beda setiap kali berkendara. Pengendara memiliki bobot sekitar 80 Kg dan mode berkendara yang digunakan kebanyakan Eco dengan kecepatan di 70 Kpj-80 Kpj.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com