Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumpa Motor Listrik Suzuki e-Burgman di JMS 2023

Kompas.com - 26/10/2023, 07:02 WIB
Agung Kurniawan

Editor

TOKYO, KOMPAS.comSuzuki e-Burgman akhirnya pertama kalinya unjuk gigi di Japan Mobility Show 2023, setelah sebelumnya dites di Jepang periode April - Juni.

Suzuki e-Burgman bisa dibilang adalah versi listrik dari Burgman 125 EX yang meluncur pertama kali sejak 2018.

Untuk diketahui, Burgman 125 EX dengan kode UB125 merupakan pengembangan dari Suzuki Access, keluarga skutik Suzuki di India yang sejak awal mengusung ukuran roda mungil.

Sementara itu, e-Burgman telah menjalani uji coba layanan baterai swap yang disediakan Gachaco Co., Ltd, sebuah platform battery sharing di Jepang.

Battery pack yang dipakai Suzuki e-Burgman sama dengan yang dipakai motor listrik Honda.KOMPAS.com/Agung Kurniawan Battery pack yang dipakai Suzuki e-Burgman sama dengan yang dipakai motor listrik Honda.

Melalui uji coba ini, Suzuki mengumpulkan data perihal penggunaan motor listrik dalam kegiatan sehari-hari.

Seperti perjalanan dari rumah menuju tempat kerja, sekolah, atau tempat berbelanja. Semua itu dikumpulkan dan akan digunakan untuk pengembangan sepeda motor listrik pada masa depan.

Sistem baterai yang digunakan pada Suzuki e-Burgman sama dengan yang dipakai Honda.KOMPAS.com/Agung Kurniawan Sistem baterai yang digunakan pada Suzuki e-Burgman sama dengan yang dipakai Honda.

Menariknya, baterai yang digunakan bisa tukar menukar dengan kepunyaan Honda Mobile Power Pack e:.

Muaranya adalah kerja sama antar perusahaan Jepang yang tergabung dalam Swappable Batteries Motorcycle Consontium (SBMC), yang diikuti empat pabrikan Jepang, yakni Suzuki, Honda, Kawasaki, dan Yamaha.

Soal spesifikasi, e-Burgman memiliki dimensi panjang 1.825 mm, lebar 765 mm, dan tinggi 1.140 mm. Kemudian punya tinggi jok 780 mm dan bobot kendaraan 147 kg.

Tenaga yang dihasilkan dari dinamo adalah 0,98 kW sampai 4 kW (peak) atau setara 1,3 Tk sampai 5,3 Tk. Torsinya ada di angka 18 Nm dan punya jarak tempuh 44 Km kalau dikendarai konstan pada kecepatan 60 Kpj.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com