Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menperin Tantang Produsen Motor Listrik Lakukan Standardisasi Baterai

Kompas.com - 25/10/2023, 12:02 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, mengajak produsen sepeda motor listrik untuk mulai menerapkan standardisasi baterai.

Pernyataan tersebut disampaikan pada pembukaan Indonesia Motorcycle Show (IMOS+) di ICE BSD Tangerang, Rabu (25/10/2023).

Agus menjelaskan, penerapan standardisasi baterai akan memberikan keuntungan bagi semua pihak, yakni produsen, industri otomotif, dan tentunya konsumen.

“Masyarakat sebagai konsumen tentunya akan semakin nyaman menggunakan kendaraan listrik, apabila standardisasi baterai diterapkan,” ucapnya.

Baca juga: Menperin Targetkan Transaksi IMOS 2023 Capai Rp 200 Miliar

Menteri Perindustrian RI (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita di IMOS 2023KOMPAS.com/DAFFA Menteri Perindustrian RI (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita di IMOS 2023

Menurut Agus, standardisasi yang dimaksud akan berfokus pada konstruksi baterai, dari segi perakitan komponen sampai jenis sel yang digunakan.

Dengan adanya keseragaman ini, industri otomotif tanah air, khususnya di ranah kendaraan roda dua listrik, diyakini bisa lebih berkembang, dan akan banyak menyerap tenaga lokal.

“Oleh karenanya, perihal standardisasi baterai ini, saya memberikan challange pula bagi para produsen kendaraan listrik roda dua,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Agus juga membagikan rekap penyerapan motor listrik di Indonesia. Berdasarkan penghitungan terbaru pengguna motor listrik di Indonesia jumlahnya mencapai 67.000.

Baca juga: Resmi Dibuka, IMOS 2023 Diharapkan Dongkrak Penjualan Motor Listrik

Jumlah tersebut dirasa masih kurang, menimbang pemerintah sudah memberikan banyak program insentif dan bantuan, seperti subsidi motor listrik Rp 7 juta.

Menteri Perindustrian RI (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita di IMOS 2023KOMPAS.com/ DAFFA Menteri Perindustrian RI (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita di IMOS 2023

“Jumlah penggunanya masih sedikit, kami harapkan bisa meningkat secepatnya,” kata Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com