Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Lengkap Motor Listrik Alva Cervo

Kompas.com - 24/10/2023, 18:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Alva menawarkan dua produk sepeda motor listrik saat ini yakni, One dan Cervo.

Cervo menjadi yang paling baru dengan penampilan agak berbeda dari kebanyakan motor lain yang beredar di pasaran. 

Secara tampilan, desainnya tidak pakai garisan halus, tapi kontras dan tajam. Jadi kalau dilihat memang cukup futuristik. 

Untuk spesifikasi, Alva Cervo punya dimensi 1.933mm x 713mm x 1.115mm. Kalau dibandingkan, ukurannya seperti skutik bongsor 150 cc layaknua Yamaha NMax atau Honda PCX.

Baca juga: Komparasi Motor Listrik Subsidi, Alva Cervo Vs United TX3000


Lalu untuk baterai, Cervo memakai lithium dengan kapasitas 1,8 kWh yang bisa dilepas dari tempatnya pada dek, atau dicas langsung ke colokan yang ada di bodi.

Untuk pengecasan, berdasarkan pengetesan redaksi di rumah, bisa memakan waktu empat sampai lima jam. Berdasarkan klaim Alva, bila pakai dua baterai bisa menempuh jarak 125 Km, namun dengan berbagai syarat.

Tapi kenyataannya, berdasarkan pengetesan kami, dari kondisi penuh motor bisa melaju lebih dari 80 Km. Setidaknya masih cukup bisa diandalkan buat kegiatan sehari-hari.

Baca juga: Waktu yang Tepat Memindahkan Tuas Transmisi Matik ke Gigi Rendah

Alva CervoKOMPAS.com/ADITYO WISNU Alva Cervo

Baterai tadi menyuplai listrik ke dinamo yang ditempatkan di tengah atau mid drive. Tenaga yang dihasilkan sebesar 9,8 kW atau sekitar 13,1 Tk.

Untuk torsinya mencapai 53,5 Nm dan bisa didapatkan secara instan. Sementara kecepatan puncaknya hingga 103 Kpj.

Soal fitur, Cervo sudah dilengkapi dengan lampu LED dari depan sampai belakang. Kemudian memakai layar TFT untuk instrumen cluster, USB port, ditambah tiga mode berkendara dan tombol boost.

Alva CervoKOMPAS.com/ADITYO WISNU Alva Cervo

Pada bagian kaki-kaki, di depan terpasang suspensi teleskopik dan belakang model monoshock. Cakram ganda jadi perangkat standar menemani pelek 14 inci layaknya skutik bongsor.

Untuk harga, Alva memasarkan Cervo mulai Rp 37 jutaan. Dengan harga tersebut, calon konsumen sudah mendapat fitur yang melimpah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com