Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komparasi Motor Listrik Subsidi Rp 20 Jutaan, Alva One Vs Gesits Raya

Kompas.com - 07/09/2023, 08:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor listrik yang mendapatkan subsidi bisa dicek ke laman Sisapira. Bukan cuma motor di bawah Rp 10 juta, motor yang kaya fitur di rentang Rp 20 jutaan juga tersedia.

Pada bahasan kali ini, redaksi Kompas.com mau membahas dua motor listrik di rentang harga Rp 20 jutaan. Motor yang kami komparasi adalah Alva One dengan Gesits Raya.

Secara harga, Gesits Raya lebih murah, setelah subsidi jadi Rp 20.990.000. Sedangkan Alva One, harganya setelah dapat subsidi adalah Rp 29.490.000.

Baca juga: Daftar Harga Ban Motor per September 2023

Pengguna motor listrik Alva ONE mengikuti acara Touring motor listrikKompas.com/Daafa Alhaqqy Pengguna motor listrik Alva ONE mengikuti acara Touring motor listrik

Mari bahas soal desainnya terlebih dahulu. Alva One menawarkan model motor listrik layaknya skutik bongsor, tapi Gesits Raya, tampilannya seperti skutik konvensional dengan model setang telanjang.

Alva One sudah dilengkapi dengan baterai lithium 60V 45Ah. Klaim dari Alva, One bisa menempuh jarak 70 Km sekali cas dan butuh waktu empat jam saja saat diisi baterainya.

Listrik dari baterai tersebut disalurkan ke motor listrik bertenaga 4.800 Watt dan torsi 46,5 Nm. Hasilnya, motor bergaya skutik bongsor ini diklaim bisa melaju sampai 90 Kpj.

Baca juga: Toyota Rumion Kembaran Suzuki Ertiga Meluncur, Harga Rp 180 Jutaan


Sedangkan untuk Gesits Raya, memakai baterai dengan kapasitas 72V 20Ah. Baterai tersebut bisa membawa Gesits Raya melaju sejauh 60 Km dengan waktu pengecasan lebih singkat, sekitar tiga jam.

Kombinasi baterai tersebut dengan motor listrik 3.000 Watt dan torsi 26 Nm. Secara kecepatan puncak pun lebih rendah dari Alva One, yakni cuma 70 Kpj.

Soal kaki-kaki, Alva One menggunakan ban ukuran 90/90 R14 di depan dan 110/80 R14 di belakang ditambah sistem rem cakram ganda dengan sistem Combi Brake.

Motor listrik Gesits Raya-GKOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Motor listrik Gesits Raya-G

Kalau Gesits Raya, juga menggunakan pelek 14 inci, ban 80/80 di depan dan 100/80 di belakang. Sistem pengeremannya juga sudah pakai cakram ganda.\

Bicara soal fiitur, Alva One dilengkapi dengan aplikasi khusus. Informasi yang bisa diakses seperti remote on/off, Bike Sharing Access, GPS Locator & Tracker, Battery Monitoring, lokasi charging station, Alva Experience Center Locator, Alva Roadside Assistance, hingga Monthly Saving Estimator.

Sedangkan Gesits Raya ada dua mode berkendara dan gigi mundur. Lalu, ada juga tempat untuk mengisi daya ponsel.

Baca juga: Kemenhub Usul Ganjil Genap Berlaku 24 Jam di Jakarta

Alva melakukan serah terima 10 unit Alva One pertama kepada konsumen di Indonesiadok.Alva Alva melakukan serah terima 10 unit Alva One pertama kepada konsumen di Indonesia

Secara fitur, Alva One memang cukup melimpah, terutama yang terkoneksi dengan telepon pintar. Tapi, Gesits Raya menurut kami juga sudah cukup fiturnya, ditambah harganya yang jauh lebih murah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com