Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Listrik Alva Kantongi Pendanaan hingga Rp 760 Miliar

Kompas.com - 22/08/2023, 08:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Ilectra Motor Group (IMG atau ALVA) dengan merek kendaraan listrik Alva telah menyelesaikan penggalangan dana Seri B, dengan total hingga 50 juta dolar AS atau setara Rp 760 miliar.

Putaran pendanaan ini mencakup semua investor terdahulu yang dipimpin oleh Horizons Ventures. Termasuk investor baru HH-CTBC Partnership L.P. (Foxconn Co-GP Fund), Foxconn Co-GP fund, dan Brama One Ventures.

Hasil dari pendanaan Seri B akan digunakan untuk terus mengakselerasi pengembangan produk Alva dan memperluas jaringan untuk melayani lebih banyak konsumen di seluruh Indonesia.

Baca juga: Toyota Tanggapi Inden Panjang Alphard Generasi Terbaru

Alva One meluncur dengan harga dengan Rp 34,9 jutaKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Alva One meluncur dengan harga dengan Rp 34,9 juta

Purbaja Pantja, Direktur Utama dan CEO PT Ilectra Motor Group, mengatakan, Alva berusaha menyediakan produk berkualitas tinggi yang disesuaikan untuk konsumen Indonesia di semua aspek transportasi perkotaan termasuk performa, jangkauan baterai, dan keselamatan.

“Kami terus menetapkan standar untuk kendaraan listrik melalui R&D dan wawasan pasar domestik kami yang kuat,” ujar Purbaja, dalam keterangan resmi (21/8/2023).

“Sementara pada saat yang sama meningkatkan dan mendefinisikan kembali pengalaman pelanggan saat kami memperluas cakupan kami ke seluruh Jawa dan Bali pada tahun 2023,” kata dia.

Baca juga: Perhatikan Hal Ini Sebelum Beli Toyota Innova Diesel Bekas

Untuk diketahui, IMG didirikan pada tahun 2021 untuk membangun solusi mobilitas gaya hidup yang berfokus tidak hanya pada pengembangan produk kendaraan roda dua listrik tetapi juga ekosistem pendukungnya.

Tercatat, IMG pertama kali meluncurkan produknya, yaitu Alva One pada Agustus 2022. Kemudian model kedua Alva Cervo meluncur pada Mei 2023.

Untuk mendukung operasi secara end-to-end, fasilitas manufaktur IMG di Cikarang, Jawa Barat, telah beroperasi sejak kuartal keempat tahun 2022 dengan total kapasitas 100.000 unit per tahun.

Baca juga: Daftar Motor Listrik Bekas, Selis Agats mulai Rp 5 Jutaan

PT Ilectra Motor Group (IMG) melakukan first handover atau serah terima kepada 10 konsumen motor listrik Alva One pertama di Alva Experience Center, Jakarta Selatan.
KOMPAS.com/Gilang PT Ilectra Motor Group (IMG) melakukan first handover atau serah terima kepada 10 konsumen motor listrik Alva One pertama di Alva Experience Center, Jakarta Selatan.

Selain itu, layanan penjualan dan purnajual telah dibangun di beberapa lokasi, seperti ALVA Experience Center di SCBD, Jakarta, serta ALVA Studio di Mall Bali Galeria, Bali.

“Indonesia telah berkomitmen untuk mencapai target emisi nol karbon yang ambisius. Indika Energy Group berperan penting dalam mendukung transformasi hijau Indonesia dan memperkuat posisinya di kancah internasional,” kata James Tu, Chief Investment Officer Foxconn Co-GP Fund.

“Produk kendaraan listrik roda dua yang unggul hanya dapat terealisasi dengan bekal wawasan pasar yang kuat dan dedikasi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan melalui layanan pelanggan secara end-to-end yang mulus,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com