Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lorenzo Sebut Marc Marquez Jadi Punya Kans Juara Dunia 2024

Kompas.com - 10/10/2023, 11:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Juara Dunia MotoGP tiga kali, Jorge Lorenzo menilai bahwa Marc Marquez punya kans untuk rebut juara dunia MotoGP 2024 apabila jadi bergabung dengan Gresini Racing Team dan menggunakan motor Ducati.

Hal tersebut sejalan dengan karakteristik Desmosedici yang agresif khususnya ketika melintas di jalur lurus. Sehingga cukup menunjang gaya berkendara dari Marquez.

"Saya tidak akan mengabaikan Marc bisa jadi juara dunia MotoGP 2024. Tentu saja jika Ducati memberikan motor yang kompetitif, seperti yang dipakai Bagnaia dan Enea Bastianini," katanya dikutip Marca, Senin (9/10/2023).

Baca juga: Strategi Honda Menuju Akhir Tahun

Rider Repsol Honda, Marc Marquez, berselebrasi di atas podium MotoGP Jepang 2023 yang berlangsung di Sirkuit Motegi pada 1 Oktober 2023. Setelah resmi mengakhiri kontrak lebih cepat bersama Honda, Marc Marquez dikabarkan bakal pindah ke tim satelit Ducati, Gresini Racing.AFP/TOSHIFUMI KITAMURA Rider Repsol Honda, Marc Marquez, berselebrasi di atas podium MotoGP Jepang 2023 yang berlangsung di Sirkuit Motegi pada 1 Oktober 2023. Setelah resmi mengakhiri kontrak lebih cepat bersama Honda, Marc Marquez dikabarkan bakal pindah ke tim satelit Ducati, Gresini Racing.

Data di atas kertas, Ducati Desmosedici pada musim ini memiliki spesifikasi mesin 1.000 cc, liquid-cooled, 90° V4, 4-stroke, Desmodromic DOHC, four valves per cylinder. Mesin itu bisa menghasilkan tenaga buas, mencapai lebih dari 250 Tk.

Kecepatan tertingginya bisa mencapai 350 Km/jam lebih. Mesin dihubungkan dengan transmisi Ducati Seamless Transmission.

Dengan performa sebuas itu, Ducati Desmosedici hanya memiliki bobot 157 kg berkat penggunaan sasis twin spar yang bermaterial aluminium yang dikombinasi velg berbahan magnesium. Bobot motor ini juga sudah sesuai dengan regulasi FIM.

Lebih jauh, indikasi lainnya yang membuat keyakinan Lorenzo merujuk performa Alex Marquez pada musim ini bersama Gresini. Adik dari Marc tersebut bisa tampil impresif dan sukses satu kali naik podium padahal baru tahun pertama.

Baca juga: Repsol Berencana Tinggalkan Honda Usai Marc Marquez Cabut

Marc Marquez dan sang adik, Alex Marquez, saat berlaga pada MotoGP San Marino 2023. Setelah resmi mengakhiri kontrak lebih cepat bersama Honda, Marc Marquez dikabarkan bakal pindah ke Gresini yang kini dibela Alex Marquez.Dok. Gresini Racing Marc Marquez dan sang adik, Alex Marquez, saat berlaga pada MotoGP San Marino 2023. Setelah resmi mengakhiri kontrak lebih cepat bersama Honda, Marc Marquez dikabarkan bakal pindah ke Gresini yang kini dibela Alex Marquez.

"Saya tidak akan meremehkan Marc karena kita semua bisa melihat hal yang mampu dilakukan Alex. Ia adalah sosok pembalap yang hebat, juara dunia Moto3 dan Moto2, namun dia tidak punya agresivitas dan bakat alamiah seperti Marc," kata Lorenzo.

"Hal itulah yang akan ditunjukkan Marc bahwa ia punya keunggulan dibandingkan saudaranya, Alex. Saya rasa hal itu akan secepatnya terlihat seiring dia bergabung dengan Ducati," tambahnya.

Diketahui, Marc Marquez sudah resmi mengucapkan salam perpisahan dengan Repsol Honda. Sehingga tahun depan ia sudah tak menggunakan RC12V yang mengantarnya jadi juara dunia MotoGP sebanyak enam kali.

Baca juga: Jelang MotoGP Indonesia, Marquez Akan Klarifikasi Soal Statusnya

Marc kemudian dikabarkan bakal bergabung dengan Gresini Racing. Bila bergabung dengan Gresini, itu berarti dirinya bakal menunggangi motor Ducati.

Sejatinya kontrak Marc Marquez dengan Honda masih bertahan hingga akhir MotoGP 2024 mendatang namun mereka sepakat untuk mengakhirnya lebih cepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com