Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulas Fungsi Active Air Flap System Pada Hyundai Ioniq 5 dan Ioniq 6

Kompas.com - 07/10/2023, 11:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada mobil listrik Hyundai Ioniq 5 dan Ioniq 6, terdapat fitur yang tak banyak diketahui orang. Tapi, fitur ini sangat penting untuk komponen baterai. Fitur tersebut adalah active air flap system.

Active air flap system merupakan lubang hawa yang bisa membuka dan menutup secara otomatis. Posisinya terdapat pada bumper depan Ioniq 5 dan Ioniq 6.

Baca juga: Harga Baterai Hyundai Ioniq 5 Hampir Setengah Banderol Mobil

Bonar Pakpahan, Product Expert Assistant Manager PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), mengatakan, active air flap system tersebut akan membuka ketika suhu baterai sudah cukup tinggi.

Active air flap system pada Hyundai Ioniq 6 untuk mendinginkan bateraiDok. Hyundai Active air flap system pada Hyundai Ioniq 6 untuk mendinginkan baterai

"Musuh utama baterai adalah panas yang berlebihan dan panas ini harus segera bisa dibuang untuk menjaga masa pakainya. Salah satu caranya adalah dengan active air flap, baik di Ioniq 5 maupun di Ioniq 6," ujar Bonar, kepada wartawan, di sela-sela Media Drive Experience Hyundai Ioniq 5 dan Ioniq 6, Kamis (5/10/2023).

Bonar menambahkan, perangkat tersebut akan terbuka secara otomatis untuk udara bisa mengalir ke bagian bawah kendaraan, tempat di mana baterai berada. Selain pada saat mobil melaju, ketika melakukan pengisian daya di stasiun pengecasan pun juga active air flap akan terbuka.

Baca juga: Mengisi Daya Hyundai Ioniq 5 Bluelink Pakai Ultra Fast Charging

Test drive Hyundai Ioniq 6edij@nw@ri Test drive Hyundai Ioniq 6

Menurut Bonar, saat mobil listrik dicas dengan charging station yang fast charging atau ultra fast charging, dapat membuat suhu internal baterai cukup drastis.

"Makanya, kalau dicolok dengan charging station yang 200 kW, pasti nanti active air flap akan terbuka untuk menarik udara dari luar, masuk dan diarahkan ke bagian baterai," kata Bonar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com