Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Evaporator AC Mobil Avanza dan Xpander, KW dan Original

Kompas.com - 02/10/2023, 13:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beberapa komponen penting dalam kerja sebuah AC mobil, salah satunya adalah komponen bernama evaporator.

Pada sistem AC mobil, evaporator berfungsi untuk mengeluarkan hawa dingin ke dalam kabin. Evaporator AC akan menyerap hawa panas dan akan dibentuk menjadi udara yang dingin.

Baca juga: 12 Poin Pelanggaran Ini Bakal Digunakan untuk Aturan Cabut SIM

Salah satu permasalahan yang kerap terjadi pada evaporator AC mobil ialah bocor. Kalau sudah demikian AC dipastikan tidak dingin dan pengemudi akan mengeluh AC panas.

Agus pemilik Agus pemilik AGS AC Mobil di Pasar PalmerahKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Agus pemilik Agus pemilik AGS AC Mobil di Pasar Palmerah

Evaporator berguna untuk mendinginkan freon yang disemprotkan dari expansion valve. Jika evaporator bocor maka banyak freon yang terbuang dan AC tidak akan terasa dingin.

Agus, pemilik AGS AC Mobil di sentra otomotif Pasar Palmerah, Jakarta, mengatakan, kalau bocor, pemilik mobil harus ganti evaporator dan komponen ini tidak bisa beli bekas mesti baru.

"Evaporator baru semua karena tidak berguna kalau beli yang seken. Tapi bisa pilih mau yang imitasi alias KW atau yang original," ujar Agus yang ditemui Kompas.com, di Jakarta, Senin (2/10/2023).

Baca juga: Daftar Harga LMPV Bekas per Oktober 2023, Xenia mulai Rp 45 Jutaan

Evaporator AC mampet karena kotoranFendi/MF Auto Cool Evaporator AC mampet karena kotoran

Agus mengatakan, ada harga ada kualitas. Saat kantung sedang "cekak" bisa pilih barang imitasi karena lebih murah namun untuk umur masa pakai tidak akan sama dengan barang original karena beda harganya cukup jauh.

"Toyota Avanza yang KW Rp 500.000-an kalau original sekitar Rp 900.000-Rp 950.000, kemudian Mitsubishi Xpander yang KW Rp 650.000 dan original Rp 1,1 juta, Suzuki Ertiga sama seperti Avanza, rata-rata KW Rp 550.000 original Rp 900.000," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com