Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beli Helm Premium, Beda Livery Bisa Beda Harga

Kompas.com - 02/10/2023, 11:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Helm merupakan perangkat berkendara yang wajib digunakan. Fungsinya, sebagai pelindung kepala saat terjadi kecelakaan, mengurangi risiko cedera yang fatal.

Bicara soal helm, ada saja merek helm yang terbilang premium. Sebagai gambaran, helm premium biasanya punya harga yang cukup tinggi. Cuma, bukan soal harga saja, fitur yang disematkan juga canggih, dari sisi ventilasi sampai ke keamanan.

Bahkan, helm tersebut biasanya digunakan juga oleh para pebalap MotoGP, punya livery yang spesial dan khas. Uniknya, setiap livery ternyata punya harga yang berbeda.

Baca juga: Bisa Cek Stiker Ini Agar Helm Tidak Tertukar

Helm baru Valentino Rossi yang sengaja disiapkan khusus untuk GP San Marino 2019, bernama Menu Misano.motogp.com Helm baru Valentino Rossi yang sengaja disiapkan khusus untuk GP San Marino 2019, bernama Menu Misano.

Danis, Store Manager Casco Motoworld, menjelaskan, contoh merek Arai, untuk seri full face yang polos harganya biasanya rata atau sama, sekitar Rp 9 juta.

"Ada harga motif yang basic, bukan yang spesial itu biasa Rp 10 jutaan. Lalu ada seri yang IOM TT, itu kan setahun sekali, itu di Rp 12 jutaan," kata Danis kepada Kompas.com belum lama ini.

Lalu, untuk Arai ada lagi dengan livery Nakano, khasnya adalah gambar mata yang besar di bagian depan. Danis menjelaskan, yang bikin mahal adalah dia cuma produksi dua kali setahun.

Baca juga: Pertamina Naikkan Harga Pertamax Cs, Pertamina Dex dan Dexlite

"Kenapa mahal, dia harus bayar ke lisensi. Tapi, di Indonesia banyak yang minat, kadang orang bisa simpan, nanti dijual lebih mahal lagi," kata Danis.

Kemudian ada HJC, uniknya tiap livery punya harga yang berbeda. Seperti kalau motif Fabio Quartararo, di Casco dibanderol Rp 12 juta, tapi yang motif Pol Espargaro atau Ben Spies, di Rp 10 jutaan.

"Pista (AGV) yang motif rossi, ada yang Rp 19 jutaan, ada yang Rp 22 jutaan, tiap motif beda-beda," kata Danis.

Begitu juga kalau misal ada edisi spesial trek khusus, seperti helm Shoei Marc Marquez dengan tampilan sirkuit Barcelona atau Motegi. Biasanya, desain yang tadi harganya lebih mahal daripada motif yang dia gunakan hampir seluruh balapan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com