Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/07/2023, 08:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat jumlah volume lalu lintas harian rata-rata sepanjang enam bulan pertama di tahun ini, alias semester I-2023 mencapai 3,47 juta setiap harinya.

Jumlah tersebut naik 1,43 persen dibandingkan lalu lintas harian normal sebelum pandemi Covid-19 pada 2020 lalu. Kala itu, volume lalu lintas hanya 3,42 juta unit tiap hari.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Listye Octaviana menjelaskan, kondisi tersebut seiring dengan membaiknya perekonomian pasca-Covid-19 dan tidak adanya pembatasan mobilitas.

Baca juga: Harga Taksi Bekas Blue Bird, Toyota Limo mulai Rp 70 Jutaan

Ilustrasi. Inilah tarif tol Jakarta - Surabaya terbaru 2022 untuk semua jenis kendaraan.
KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Ilustrasi. Inilah tarif tol Jakarta - Surabaya terbaru 2022 untuk semua jenis kendaraan.

"Peningkatan mobilitas pada tahun 2023 ini menunjukkan pulihnya perekonomian pasca pandemi dengn kembali normalnya kegiatan atau aktivitas dari masyarakat. Satu faktor peningkatan lalu lintas harian di semester I-2023 adalah peningkatan mobilitas setelah dicabutnya PPKM," kata dia dalam keterangan resmi, Selasa (25/7/2023).

Lebih lanjut, tiga ruas Jalan Tol Jasa Marga Group dengan volume lalu lintas paling tinggi selama Januari-Juni 2023 ialah Jalan Tol Dalam Kota dengan total 535.000 kendaraan setiap harinya.

Kedua, diikuti dengan Tol Jakarta-Cikampek dengan total 450.000 kendaraan, kemudian ketiga adalah Tol Jagorawi dengan total lalu lintas harian 408.000 kendaraan.

“Peningkatan volume ini juga selaras dengan peningkatan kualitas pelayanan operasional yang diberikan oleh Jasa Marga Group kepada pengguna jalan, salah satunya pengembangan teknologi Intelligent Transport System (ITS),” ujar Lisye.

Baca juga: Belum Banyak yang Tahu, Ini Fungsi Tuas Kecil pada Spion Tengah

Kondisi arus lalu lintas kendaraan dari arah Semarang yang memasuki Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama 2, Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada Senin (23/4/2023) malam. Jasa Marga Kondisi arus lalu lintas kendaraan dari arah Semarang yang memasuki Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama 2, Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada Senin (23/4/2023) malam.

Penerapan teknologi ITS bisa dilihat dari layanan yang diberikan Jasa Marga dengan menggunakan super-app Jasamarga Integrated Digitalmap (JID), yang digunakan di Jasamarga Tollroad Command Center (JMTC) untuk mengelola pelayanan jalan tol yang terintegrasi.

Diketahui, teknologi ITS sendiri dikembangkan dengan tujuan untuk meningkatkan keamanan, kelancaran dan kenyamanan pengguna jalan tol.

"Sistem ini terutama digunakan untuk perhitungan volume lalu lintas kendaraan, deteksi pelanggaran kecepatan, deteksi pelanggaran kendaraan overload, dan deteksi kendaraan roda dua, efisiensi dan optimalisasi beban," kata Listye.

"Serta, efektivitas proses bisnis untuk meningkatkan kepuasan pengguna jalan tol dan implementasi Big Data milik Jasa Marga Group,” tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com