Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Baru Gumarang Jaya Pakai Transmisi Matik, Ini Kata Sopir Bus

Kompas.com - 21/07/2023, 07:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Perusahaan otobus (PO) Gumarang Jaya terus melakukan peningkatan dan pembaruan untuk sejumlah layanan bus AKAP.  PO yang berdiri sejak 1974 tersebut makin mempertahankan eksisistensinya dengan meluncurkan sejumlah unit bus baru.

Pada bus anyar PO Gumarang Jaya menyematkan berbagai fitur dan teknologi canggih yang memberikan kenyamanan bagi penumpang dan sopir bus.  Salah satunya yang mencolok adalah kini bus menggunakan transmisi matik atau otomatis. 

Baca juga: Michelin Lebih Pilih Ban Tahan Lama Bukan Daya Cengkeram Kuat

Alhasil, sopir bus yang menggunakan bus tersebut harus beradaptasi ulang lantaran sebelumnya memakai bus transmisi manual. 

 Gery Absenri salah satu sopir bus PO Gumarang Jaya mengatakan, mengemudikan bus dengan transmisi matik jutru mempermudah kerja dari sopir sehingga tidak mudah lelah. 

"Kalau biasanya menggunakan bus transmisi manual, begitu pakai bus transmisi matik rasanya terasa ringan. Pada saat perjalanan jauh atau macet tidak mudah capek," kata Gery kepada Kompas.com di Terminal Baranangsiang Bogor, Kamis (20/7/2023)

 Gunawan kernet PO Gumarang Jaya (baju merah) dan Gery sopir bus PO Gumarang Jaya KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Gunawan kernet PO Gumarang Jaya (baju merah) dan Gery sopir bus PO Gumarang Jaya

Baca juga: Michelin Lebih Pilih Ban Tahan Lama Bukan Daya Cengkeram Kuat

Lantaran mengendarai bus AKAP membutuhkan waktu perjalanan yang cukup lama, maka dari itu kenyamanan dari berkendara sangatlah dibutuhkan.

Alhasil, bus dengan transmisi matik menurut Gery merupakan terobosan yang mempermudah pengemudi untuk berkendara. 

"Bila dibandingkan dengan bus generasi lama, bus keluaran terbaru saat ini memang dirancang agar mengendarai bus jadi lebih mudah. Teknologinya juga makin canggih, sehingga bus jadi lebih dioperasikan. Namun baik bus manual atau matik sebenarnya punya kekurangan dan kelebihan masing-masing," kata Gerry. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com