Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengendara Motor Nyaris Tertabrak Kereta, Harus Sabar di Pelintasan

Kompas.com - 20/07/2023, 19:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini terjadi tabrakan yang melibatkan truk dengan kereta di daerah Semarang, Jawa Tengah. Sudah menjadi karakter sebagian orang Indonesia yang tidak sabaran saat dekat di pelintasan kereta.

Misal seperti pada video yang diunggah akun Fakta Jakarta di Instagram. Terlihat seorang pengendara motor terlalu dekat dengan rel kereta, sehingga menghalangi laju lokomotif yang mau melintas.

Bahkan, petugas kereta sampai turun tangan, membantu motor tadi agar mundur ke posisi yang lebih aman. Setelah motor sedikit mundur, kereta pun kembali jalan.

Baca juga: Begini Jadinya jika Motor Listrik Sering Dipakai Terobos Banjir

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Fakta Jakarta | Berita Jakarta (@fakta.jakarta)

 

Untung saja kereta yang lewat tadi kecepatannya rendah, jadi bisa berhenti. Mungkin sudah berbeda ceritanya kalau kereta yang melintas dalam kecepatan tinggi.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana menjelaskan, pengendara di Indonesia memang punya kesadaran yang rendah soal keselamatan. Bahkan mana yang membahayakan nyawa kadang tidak digubris.

"Padahal jika bisa lebih besabar maka akan lebih aman. Untung saja keretanya berjalan pelan, ika saja yang lewat kereta rangakaian, akan berbeda lagi karena tidak bisa tiba-tiba mengerem," kata Agus kepada Kompas.com, Kamis (20/7/2023).

Baca juga: Mobil Pelat Dinas TNI Mengebut Lawan Arah, Diduga Oknum


Menurut Agus, pengendara tadi sepertinya sudah sering melintas, jadi menganggap biasa jika posisi motornya terlalu dekat dengan rel kereta. Tapi tetap, yang namanya risiko celaka sebaiknya dihindari, bukan dicari.

"Saat melewati pelintasan, sebagai pengendara harus lebih bersabar. Lebih baik menunggu beberapa menit daripada hilang nyawa selamanya," kata Agus.

Semoga saja ke depannya pengendara motor di Indonesia jadi lebih paham soal keselamatan. Lagi-lagi saat di jalan bukan cari siapa cepat, tapi tetap selamat sampai di rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com