Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensasi Naik Bus Suites Class PO Sahaalah, Cocok buat Istirahat

Kompas.com - 18/07/2023, 09:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Sahaalah merupakan salah satu operator bus AKAP yang baru beroperasi selama dua tahun. Redaksi Kompas.com pun mencoba layanannya yang dibilang nyaman dengan fasilitas suites class.

Pada tulisan kali ini, redaksi melakukan perjalanan dari Semarang, tepatnya agen Genuk ke Jakarta (Terminal Lebak Bulus). Bus yang kami pilih adalah kelas suites yang dibanderol Rp 350.000, sudah termasuk servis makan.

Untuk pemesanan tiket, sekarang bisa lebih mudah karena bisa lewat aplikasi. Jadi tinggal ke agen, lalu bukti pembelian tadi ditukar dengan tiket fisik, bentuknya sampul dan ada kupon makan.

Baca juga: Bus Ngeblong, Kebiasaan yang Sulit Diubah Padahal Sering Celaka


Keberangkatan dipilih malam, yakni pukul 20.00 WIB, dengan harapan sampai Jakarta subuh. Namun, karena kondisi cuaca yang hujan, bus baru sampai di agen Genuk pukul 21.00 WIB.

Ketika masuk ke kabin, hal pertama yang diminta kru adalah untuk melepas alas kaki. Pada bagian kabin tadi lantainya dipasangi karpet dari rumput sintetis.

Saya mendapatkan bangku 5C, posisinya belakang sisi kiri, dengan bangku di atas. Cara naiknya terbilang mudah, pertama simpan dulu barang bawaan di bangku, kaki berpijak ke tangga, dan angkat badan sampai ke bangku.

Baca juga: Pengemudi Belum Mahir, Brio Mandek Saat Cari Parkir di Tanjakan Mal

Bus AKAP PO SahaalahKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus AKAP PO Sahaalah

Tidak lama setelah duduk, bus pun langsung jalan dan kru membagikan snack berisi air mineral dan beberapa wafer. Lampu bus pun dimatikan, mengingat sudah malam dan bus disiapkan untuk penumpang istirahat.

Sebenarnya, setiap bilik penumpang ini ada fitur entertainment berupa AVOD. Cuma, untuk di bangku yang kami dapat layarnya mati, jadi ya memang dibuat agar penumpang beristirahat.

Fasilitas yang setiap penumpang dapat adalah bed cover yang tebal, satu bantal, dan guling. Bed cover ini sangat membantu penumpang, menangkis semburan AC yang dingin, walau sudah ditutup kisi-kisi.

Bus AKAP PO SahaalahKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus AKAP PO Sahaalah

Perjalanan selama satu jam, bus langsung berhenti untuk servis makan. Kelas suites punya area sendiri yang terpisah dari kelas di bawahnya, redaksi pun diberi pilihan mau makan nasi rames, garang asem, nasi goreng, atau nasi dan soto, serta pisang, dan minuman hangat sudah termasuk.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com