Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Bus PO Sahaalah Suites Class, Sasis Hino RK8 dengan Air Suspension

Kompas.com - 17/07/2023, 13:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Sahaalah merupakan perusahaan bus yang menawarkan kenyamanan pada armadanya. Sejak 2021, Sahaalah punya beberapa unit dengan kelas suites yang super nyaman.

Redaksi Kompas.com dapat kesempatan mencoba suites class PO Sahaalah dalam perjalanan dari Semarang ke Jakarta.

Bodi yang digunakan pada unit yang kami naik adalah Legacy SR2 Suites Class buatan Laksana dengan sasis Hino.

Seperti diketahui, bus yang dijual di Indonesia terdiri dari bodi dan sasis. Bodi dibuat oleh karoseri dan sasis disediakan oleh pabrikan, contoh Hino, Mercedes-Benz, Scania, Volvo, dan sebagainya.

Baca juga: PO Logos Segera Luncurkan Layanan Sleeper Bus AKDP


Kembali ke unit yang dinaiki, bus dengan kelir merah muda dan abu-abu ini memakai sasis Hino RK8 R260. Sasis yang bisa dibilang legendaris karena keandalannya dan jadi pilihan berbagai PO bus.

Secara spesifikasi, Hino RK8 dilengkapi dengan mesin 7.684 cc 6 silinder segaris dengan turbocharger yang menghasilkan tenaga 260 PS atau setara 256,4 TK di 2.500 RPM dan torsi maksimum 750 Nm di 1.500 RPM.

Soal sasisnya, RK8 masih menggunakan model ladder, artinya ada batangan besi yang menghubungkan dan mengurangi kelegaan bagasi. Berbeda dengan model space frame, di mana bagasinya bisa dibuat tembus.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Baru Tahun 1984, Suzuki Jimny Cuma Rp 7 Juta

Bus AKAP PO SahaalahKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus AKAP PO Sahaalah

Secara standar, RK8 juga masih menggunakan per model daun atau leaf spring. Cuma untuk unit PO Sahaalah, bagian suspensi sudah diganti dengan air suspension oleh karoseri, jadi membuat perjalanan semakin nyaman.

Terbukti, saat mencoba perjalanan dari Semarang ke Jakarta, ayunan bus terasa nyaman. Bus yang tinggi seharusnya limbung, cuma dengan kebanyakan lewat jalan tol dan gaya berkendara sopir yang tidak agresif, membuat penumpang bisa istirahat dengan nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com