Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Isuzu mu-X 4x4 Jadi Kendaraan Operasional Perhutani

Kompas.com - 09/06/2023, 18:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 70 unit mu-X 4x4 resmi diserahkan PT Astra International Tbk - Isuzu Sales Operation, kepada Perusahaan Umum Kehutanan Negara (Perhutani) di Bandung, Jawa Barat.

Acara penyerahan juga dibarengi dengan pemberian pelatihan keselamatan berkendara dan panduan mengemudi Isuzu mu-X 4x4 kepada tim operasional Perhutani.

Branch Manager Astra Isuzu Cirebon Sri Hartanto mengatakan, digunakannya mu-X 4x4 sebagai kendaraan operasional Perhutani menandakan produknya mendapat kepercayaan sebagai SUV yang mampu melewati segala medan.

Baca juga: Pemindahan Pabrik UD Trucks dari Thailand ke Indonesia, Isuzu Investasi 2 Juta Dollar AS

"Hari ini juga dilaksanakan training keselamatan berkendara dan panduan mengemudi untuk pengguna langsung Isuzu mu-X 4x4. Kegiatan ini sebagai komitmen Astra Isuzu untuk keselamatan para pengguna kendaraan Isuzu," kata Hartanto, dalam keterangan resminya, Jumat (9/6/2023).

Isuzu mu-X 4x4 PerhutaniIsuzu Isuzu mu-X 4x4 Perhutani

Dari total 70 unit, 18 di antaranya digunakan Perhutani Divisi Jabar dan Banten. Sisanya, yakni sebanyak 24 unit untuk Perhutani wilayah Semarang, dan 28 unit untuk wilayah Surabaya.

Kepala Divisi Regional Perhutani Jabar dan Banten Asep Dedi Mulyadi mengatakan, sebanyak 18 unit mu-X 4x4 telah digunakan pimpinan satuan kerja (satker) yang tersebar di wilayah Jabar dan Banten.

Baca juga: Bukan Hiasan, Ini Arti Warna Garis pada Kamera Mundur

Menurut Asep, Isuzu mu-X 4x4 dipilih karena sesuai standardisasi kendaraan operasional Perhutani, yakni dengan penggerak roda four-wheel drive (4WD) dan telah terbukti andal setelah digunakan tiga tahun terakhir.

"Kami memang ada standardisasi, yakni regulasi yang diatur direksi bahwa kendaraan yang digunakan satker harus menggunakan 4WD. Tiga tahun lalu kami juga gunakan Isuzu mu-X 4x4 dan sampai sekarang tidak ada kendala," ujar Asep.

Asep menjelaskan, mu-X 4x4 sangat berperan menunjang operasional kerja, terutama untuk melewati jalan bergelombang hingga ekstrem. Hal ini lantaran lokasi pengelolaan hutan kondisi rutenya bervariasi, selain curam, ada aspal makadam dan tanah.

Hal lain yang membuat Perhutani mempercayai mu-X 4x4 sebagai kendaraan operasional adalah terkait jaringan purnajual Isuzu yang tersebar di seluruh wilayah.

Baca juga: Kelebihan Mercedes-Benz Axor Euro4 Dibanding Truk Lain

Isuzu mu-X 4x4 PerhutaniIsuzu Isuzu mu-X 4x4 Perhutani

"Maintenance-kan yang utama karena menyangkut keselamatan. Kalau kami lihat, Astra (Isuzu) punya jaringan after sales yang luas, jadi kendaraan ini bisa dirawat di jaringan resmi yang tersebar di setiap wilayah satuan kerja kami. Jadi, kami tidak usah jauh-jauh karena di daerah satuan kerja juga sudah ada (layanan after sales)," kata Asep.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com