Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Puncak Kembali Berlaku Ganjil Genap Akhir Pekan Ini

Kompas.com - 09/06/2023, 18:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian Resor (Polres) Bogor kembali memberlakukan pembatasan mobilitas kendaraan pribadi melalui skema ganjil genap di jalur Puncak Bogor, Jawa Barat pada akhir pekan ini, 9-11 Juni 2023.

Dikutip dari laman resmi TMC Polres Bogor, aturan ganjil genap dibuat secara bergantian sesuai arahan petugas di lapangan. Kebijakan tersebut, berlaku tak hanya akhir pekan, tapi juga hari libur nasional.

Aturan ganjil genap ini tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 84 tahun 2021 tentang Pengaturan Lalu Lintas di Ruas Jalan Nasional Ciawi-Puncak Nomor 074 Dan Ruas Jalan Nasional Puncak-Batas Kota Cianjur Nomor 075.

Baca juga: Sepeda Listrik yang Masuk Jalan Umum dan Melanggar Akan Kena Tilang dan Disita

Sejumlah kendaraan melintas di jalur Puncak Cianjur, Jawa Barat, Rabu (24/5/2023) petang. Pemerintah bersama legislatif mencari formulasi untuk mengatasi kemacetan di jalur ini, salah satunya dengan rencana membangun fasilitas kereta gantung atau cable car.KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Sejumlah kendaraan melintas di jalur Puncak Cianjur, Jawa Barat, Rabu (24/5/2023) petang. Pemerintah bersama legislatif mencari formulasi untuk mengatasi kemacetan di jalur ini, salah satunya dengan rencana membangun fasilitas kereta gantung atau cable car.

"Hari Jumat, Sabtu dan Minggu tanggal 9, 10, serta 11 Juni 2023 Jalur Wisata Puncak Diberlakukan Ganjil Genap. Sesuaikan Waktu Keberangkatan Anda dengan Ketentuan Ganjil Genap di Jalu Puncak," tulis keterangannya, Jumat (9/6/2023).

Rekayasa lalu lintas ini diberlakukan mulai pukul 14.00 WIB hingga 00.00 WIB pada Jumat. Sementara pada Sabtu (10/6/2023) dan Minggu (11/6/2023), jam operasional ganjil genap berlaku dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB.

Peraturan ganjil genap tersebut berlaku untuk pengendara mobil dan motor yang melintasi jalur Puncak. Bagi pengemudi atau pengendara yang melanggar aturan tersebut diminta untuk memutar balik.

Baca juga: Keuntungan Formula E Jakarta 2023 Diprediksi Tembus Rp 5 Miliar

Suasana di balik kemacetan panjang kendaraan di jalur wisata Puncak Bogor, Jawa Barat, pada momen libur lebaran atau Minggu (30/4/2023).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Suasana di balik kemacetan panjang kendaraan di jalur wisata Puncak Bogor, Jawa Barat, pada momen libur lebaran atau Minggu (30/4/2023).

Berikut Lokasi Penyekatan Ganjil Genap di Jalur Puncak:

- Arah simpang Gadog Jalan Raya Puncak sampai simpang empat Tugu Lampu Gentur Kabupaten Cianjur.

- Arah simpang empat Tugu Lampu Gentur Kabupaten Cianjur sampai simpang Gadog Jalan Raya Puncak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com