Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selesai Sudah Formula E Jakarta 2023, Lahirkan Juara Baru

Kompas.com - 04/06/2023, 19:01 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran Formula E Jakarta di sirkuit JIEC Ancol menyisakan banyak cerita. Selama balapan yang berlangsung dua hari, ada bermacam serba-serbi yang terjadi.

Mulai dari terciptanya sejarah baru, sampai cerita ratusan relawan yang bersemangat membantu suksesnya acara, berikut adalah beberapa rangkuman kisah unik selama Formula E Jakarta.

1. Juara baru dan sejarah baru.

Pebalap Maserati MSG Racing, Maximilian Gunther, adalah sosok yang berhasil menjuarai balapan kedua Formula E Jakarta 2023 seusai bersaing sengit di barisan depan.

Pebalap asal Jerman itu mengungguli dua pesaing terdekatnya, Jake Dennis (Avalanche Andretti) dan Mitch Evans (Jaguar TCS), yang secara berurutan menduduki peringkat kedua serta ketiga.

Torehan itu juga bernilai sejarah karena menjadikan dirinya sebagai juara Maserati pertama setelah 66 tahun lamanya.

Maserati kali terakhir meraih kemenangan dalam kejuaraan dunia ajang single-seater melalui Juan-Manuel Fangio pada tahun 1957.

Baca juga: Formula E Jakarta Hari ke-Dua Sepi, Marshal Keamanan Nganggur

Mitch Evans berjumpa dengan para fans dan pengunjung di sesi Fan VillageKOMPAS.com/daafa Mitch Evans berjumpa dengan para fans dan pengunjung di sesi Fan Village

2. Balapan hari ke-dua lebih sepi pengunjung.

Scott Hicks, salah seorang marshal yang bertugas di bagian keamanan, mengakui jika balapan di hari ke-dua jauh lebih sepi dan tidak seintens balapan hari pertama.

Menurut dia, hal itu nampak jelas selama gelaran Fan Village atau sesi temu-jumpa antara fans dan pebalap di area Paddock. Di hari ke-dua, acara itu nampak lebih sepi.

“Padahal kami (tim marshal) sudah mengatur persiapan untuk mengantisipasi kerumunan pengunjung. Tapi hari ini justru lebih sepi,” ucapnya kepada Kompas.com.

Baca juga: Menpora Beri Restu kalau Formula E Jadi Balapan Malam

Hydration center alias depot air minum gratis di JIEC Ancol selama Formula EKOMPAS.com/daafa Hydration center alias depot air minum gratis di JIEC Ancol selama Formula E

3. Banyak pendingin dan air gratis

FIA dan Jakpro sudah menyiapkan 1.000 unit AC untuk mendinginkan para pengunjung Formula E. Tidak hanya itu, disiapkan pula 6 depot air minum gratis yang bisa digunakan.

Alberto Longo, COO Formula E menjelaskan, hal itu dilakukan untuk mengantisipasi panasnya cuaca di Jakarta. Suhu yang rendah serta cairan yang tercukupi akan sangat meminimalisir resiko dehidrasi.

Pengunjung juga nampak sangat menikmati fasilitas ini, khususnya depot air minum gratis. Berdasarkan pantauan redaksi, nampak area ini selalu penuh antrian dan tidak pernah sepi.

Baca juga: Masuk ke Sirkuit Formula E Sebelum Start, Banyak Ketemu Orang Penting

Potret relawan Formula E Jakarta, Mengaku senang dan ingin ikut lagi tahun depanKOMPAS.com/daafa Potret relawan Formula E Jakarta, Mengaku senang dan ingin ikut lagi tahun depan

4. Diikuti lebih dari 300 relawan

Untuk mensukseskan acara Formula E, Jakpro membuka volunteering program alias rekrut relawan bagi remaja-remaja muda yang hendak menambah pengalaman.

Muhammad Eriko, Volunteer Supervisor Formula E Jakarta mengatakan, sedikitnya ada 300 relawan yang mengikuti program ini. Selama acara, relawan-relawan itu akan dibagi sesuai dengan tugas dan kemampuan mereka.

“Persyaratan utamanya, tentu fasih berbahasa inggris supaya komunikasinya lancar. Selebihnya akan ada proses wawancara dan evaluasi,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com