Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Setir Daihatsu Sigra, Jadi Ada Tombol Audio

Kompas.com - 31/05/2023, 10:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Daihatsu Sigra mulai tipe terendah hingga tertinggi, tidak memiliki tombol multifungsi pada bagian setir. Tapi, setir tersebut masih bisa dimodifikasi.

Salah satu bengkel spesialis yang biasa memodifikasi setir adalah Bobby Spec. Rare Item yang berlokasi di MGK Kemayoran, Jakarta Pusat.

Baca juga: Sigra Pimpin Penjualan Daihatsu Sepanjang Kuartal I 2023

Muhammad Bobby, punggawa bengkel tersebut, mengatakan, setir Daihatsu Sigra atau Toyota Calya bisa dimodifikasi dengan menambahkan tombol multifungsi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MUHAMMAD BOBBY (@bobbyspecrareitem)

"Tapi, fungsinya terbatas ya. Hanya naik turun volume, ganti lagu atau channel radio. Belum bisa untuk angkat telepon," ujar Bobby, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Bobby menambahkan, setir yang digunakan di Sigra dan Calya sama seperti pada Avanza Veloz. Hanya berbeda pada bagian tombolnya saja.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Setir Terasa Berat Saat Mobil Dikendarai

"Tapi, sebaiknya diikuti dengan ganti head unit. Sebab, head unit bawaan Sigra atau Calya belum mendukung untuk disambungkan dengan setir," kata Bobby.

Modifikasi setir Daihatsu Sigra atau Toyota Calya dengan menambahkan tombol multifungsi.Dok. @bobbyspecrareitem Modifikasi setir Daihatsu Sigra atau Toyota Calya dengan menambahkan tombol multifungsi.

Dengan memodifikasi setir menjadi ada tambahan tombol multifungsi, bisa memudahkan pengemudi juga ketika sedang berada dalam perjalanan. Tidak perlu lagi tangan melepas setir untuk memencet tombol yang ada pada head unit. Sehingga, fokus saat menyetir tidak terbagi.

Untuk biaya modifikasi setir ini, Bobby mematok harga Rp 1,75 juta sudah termasuk pasang. Lama pemasangannya sendiri bisa berkisar antara satu jam hingga dua jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com