Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/05/2023, 15:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi konsumen yang hendak membeli sepeda motor listrik, sebaiknya memperhatikan beberapa hal seputar pemakaian dan perawatan agar tak rugi.

Untuk diketahui, popularitas kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB) khususnya motor, mengalami peningkatan setelah pemerintah memberlakukan program elektrifikasi dan memberikan subsidi.

Didien, Technical Manager GoEasy Electric Motorcycle mengatakan, program dukungan itu tentunya hal baik karena menjadi bukti keseriusan pemerintah dalam mengurangi emisi karbon negara.

Akan tetapi, hal itu juga berpotensi menimbulkan dampak yang kurang baik, yakni memicu sikap impulsif beberapa konsumen yang membeli tanpa berpikir panjang terlebih dahulu.

“Masalahnya adalah saat konsumen beli motor listrik tanpa berpikir panjang dan pemakaiannya asal, kemudian saat dijumpai bermasalah, mereka bilang ‘wah, motornya jelek’. Padahal kan tidak seperti itu,” ucapnya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Rumors MV Agusta Mau Diambil Alih KTM

Test ride motor listrik Yadea G6KOMPAS.com/ADITYO WISNU Test ride motor listrik Yadea G6

Didien menjelaskan, setidaknya ada 2 hal yang harus diperhatikan oleh calon konsumen yang hendak membeli motor listrik.

1. Perhatikan kondisi jalan di area tempat tinggal

Motor listrik harga terjangkau, umumnya memakai jenis penggerak hub-drive, artinya komponen vital seperti dinamo, kumparan, dan magnet dijadikan satu rangkaian dan ditempatkan di roda belakang.

Penggerak jenis ini memang memiliki keunggulan dalam hal efisiensi daya, tapi kelemahannya juga ada, yakni tidak kuat menghadapi jalan berlubang dan tidak rata.

“Kalau sering dipakai lewat jalanan tidak rata, hub-drive bisa peyang atau komponen internalnya copot. Biaya servisnya cukup mahal, karena harus ganti satu unit (roda belakang),” ucapnya.

Baca juga: Mengenal Kriteria Casan Mobil Listrik yang Baik dan Aman

Test ride Yamaha E01KOMPAS.com/ADITYO WISNU Test ride Yamaha E01

2. Kelebihan muatan dan barang bawaan terlalu berat

Motor listrik yang mengandalkan daya baterai sebagai sumber energi tidak bisa membawa beban yang melebihi kapasitas, karena hal itu akan sangat menguras performa dari penggerak.

Komponen dinamo serta controller bisa mengalami overheating dan rusak. Didien menyarankan, pengguna membawa muatan dengan berat yang wajar saja.

Payload capacity motor listrik sebaiknya tidak melebihi 150 kilogram. Normalnya, beban ini sudah cukup sekali untuk membonceng 1 penumpang. Jangan bawa barang yang terlalu berat,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com