Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarif Jasa Urus Mobil Antar Jemput ke Bengkel sampai Kelar

Kompas.com - 25/05/2023, 12:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak punya banyak waktu untuk bawa mobil di bengkel kini tidak masalah. Ada jasa untuk mengurus mobil konsumen mulai dari bawa ke bengkel hingga selesai dan dikembalikan ke kostumer.

Salah satu yang melakukan jasa seperti itu ialah Jasa Cokerman. Servis jasa ini pada intinya menggantikan posisi yang punya mobil untuk mengurus semua kendala mobil sampai beres dengan tarif tertentu.

Hafiz Nasution, pendiri Cokerman, mengatakan, saat ini jasa yang dia dirikan baru melayani pelanggan di bilangan Jakarta, Tangerang Selatan, dan Bekasi.

Baca juga: Karoseri Adiputro Beri Isyarat Akan Luncurkan Bodi Jetbus 5

@cokerman_ COKERMAN - JASA URUS MOBIL KAMU Dapet telfon mendadak dari @abram.trg yang lagi ganti ban tapi harus keluar kota. Jadi dia andalkan jasa COKERMAN untuk ambilin dan simpenin dulu mobilnya. Ambil ga cuma ambil, tapi kita cek semuanya sudah benar, profil ban, tahun ban dan ga lupa kita test drive dulu. Jadi buat teman2 yang punya situasi mendadak kayak gini, atau mau titip mobilmu karena harus keluar kota, bisaa, langsung WA aja COKERMAN di 087761388893 #ford #escape #dunlop #pondokindah #jasaurusmobil #cokerman #bengkeljakarta #bengkelban #jakarta #jakartaselatan #fyp #carsoftok #carsoftiktok ? original sound - JASA COKERMAN

 

"Untuk jangkauan yang sudah resmi Jakarta, Tangerang Selatan dan Bekasi. Kita ada rencana mau tambah kota-kota lain, kita sudah wawancara tapi belum mau karena belum kenal dengan orang-orang tersebut. Kita belum berani masih jakarta dan sekitarnya," ujar Hafiz kepada Kompas.com, Rabu (25/5/2023).

Hafiz mengatakan, untuk mempermudah pekerjaan pihaknya sudah punya bengkel rekanan khusus dan mayoritas ialah bengkel spesialis.

"Mau itu AC, kaki-kaki, bodi, audio, mesin kita punya. Kita pilih bengkel-bengkel itu karena kita tau cara kerjanya dan kenal. Tapi kan kadang lokasinya jauh dari klien. Jadi kadang bengkel rekanan kita tidak selalu dipilih karena terlalu jauh, tapi tidak masalah," kata dia.

Hafiz mengatakan, bisnis seperti ini mengandalkan kepercayaan konsumen. Dia menjamin pihaknya tidak mengambil untung atau "kong kali kong" dengan pihak bengkel.

Baca juga: Halte Transjakarta Manggarai Aktif Lagi, Kini Terhubung Stasiun Kereta

Sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk mengurus mobil kini tidak masalah. Saat ini ada jasa orang ketiga yang dapat mengurus mobil dari a sampai z, mulai dari jemput mobil hingga diantar kembali.Foto: Tangkapan layar Sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk mengurus mobil kini tidak masalah. Saat ini ada jasa orang ketiga yang dapat mengurus mobil dari a sampai z, mulai dari jemput mobil hingga diantar kembali.

"Harga asli yang ada di bengkel kita kasih ke kustomer, tidak ada mark up. Karena kita sudah punya tarif sendiri," ujar dia.

"Tarif kita Rp 50.000 per jam dimulai dari ketemu di rumah atau kantor sampai pisah sama mobilnya di manapun itu," ujar Hafiz.

"Kalau misal mobil harus nginep kita lihat seberapa lama kita mantau mobil. Sebab montir kan juga tidak nginap tidak kerja 24 jam. Jadi sampai kapan montir kerja atau orangnya mau mobilnya kita tunggu ya itu harganya," ujar Hafiz.

Baca juga: Percepat Program Konversi Motor Listrik, ESDM Latih 20 Bengkel UMKM

@cokerman_ COKERMAN - JASA URUS MOBIL KALIAN Toyota Innova Venturer, ownernya ngasih 2 kerjaan nih, yang pertama dia minta untuk pasang cutting sticker di handle pintu dan lis kaca. Jadi kita bawa langsung ke bengkel langganan kita, selama dibengkel kita pantau pengerjaannya, karena pemasangan sticker itu kalau ga diperhatiin dengan benar, hasil akhirnya bisa aja menimbulkan gelembung2 kecil didalam stickernya. Nah lanjut ke kerjaan berikutnya, velg depan kanannya ada peang, bekas kena lubang katanya. Kalo kerjaan press velg peang dan cat velg, kita kerjakan sendiri di bengkel kita @upperwheels di daerah Haji Nawi. Selesai press velg, kita langsung anter mobilnya ke ownernya. Jadi buat kalian yang perlu mobilnya dibawa ke bengkel untuk urusan apa saja tapi ga punya waktu, langsung contact kita aja ya ???? #toyota #innova #venturer #toyotainnova #pressvelg #velgpeang #benerinvelg #bengkeljakarta #benerinmobil #fyp ? FEEL THE GROOVE - Queens Road, Fabian Graetz

 

Hafiz mengatakan, selain tarif Rp 50.000 per jam untuk menunggu mobil kelar di bengkel, ada juga tarif "gocar" alias tarif membawa mobil dari titik jemput sampai pulang ke rumah kustomer.

"Dari titik kita ke rumah orangnya dan sampai balik lagi itu hitungannya berapa. Jadi biaya per jam dan biaya nyetir per kilo. Soalnya kalau macet. Itu tarif dasar untuk pekerjaan ke bengkel," kata dia.

"Kita juga punya banyak servis seperti melihat (inspeksi) mobil seken. Misal yang punya mobil di Karawaci, kita yang berangkat kita lihat. Kemarin ada orang dari Pekanbaru dia mau beli pelek dan ban di Daan Mogot, kita lihat kondisi kemudian lapor dan bawa ke ekspedisi," ujar Hafiz.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com