Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komentar Pengunjung Usai Jajal Motor Listrik di PEVS 2023

Kompas.com - 19/05/2023, 07:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS 2023) digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, sampai Minggu (21/5/2023). Pameran kendaraan listrik ini menyuguhkan bermacam fasilitas dan acara menarik.

Salah satu fasilitas yang disuguhkan adalah area test ride motor listrik yang disiapkan di area kompleks JIExpo. Di sini, pengunjung bisa menjajal bermacam jenis motor listirk.

Motor listrik yang disiapkan juga cukup banyak, yakni sekitar 20 unit dari 14 eksibitor. Tentunya, hal ini menjadi daya tarik bagi para pengunjung PEVS 2023.

Sejak area test ride dibuka pada pukul 12.00 WIB, nampak banyak pengunjung yang memadati area dan memilah-milah motor listrik untuk dicoba. Bahkan tidak sedikit dijumpai pengunjung mencoba lebih dari sekali.

Baca juga: Smoot Motor Kasih Subsidi Khusus Selama Pembelian di PEVS 2023

Pengunjung PEVS 2023 mengamati motor listrik yang ada di area test ride JIExpoKOMPAS.com/Daafa Alhaqqy Pengunjung PEVS 2023 mengamati motor listrik yang ada di area test ride JIExpo

“Toh tidak dibatasi (izin pemakaian) dan memang disediakan, jadi saya coba test ride yang banyak saja,” ucap Fadil, Karyawan Swasta asal Bekasi kepada Kompas.com, Kamis (18/5/2023).

Fadil datang ke PEVS 2023 bersama istri dan kedua anaknya dan menjajal motor listrik bermodel skutik klasik. Dia mengaku sudah mempertimbangkan opsi untuk melakukan SPK dalam waktu beberapa hari ke depan.

Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi niatnya itu, salah satunya adalah karena faktor keringkasan bahan bakar dan keunikan desain.

Menurut Fadil, dirinya tidak akan perlu mengkhawatirkan antri BBM di SPBU lagi jika menggunakan motor listrik. Jika daya motor habis, cukup cas saja di rumah.

Baca juga: Volta Buka Pemesanan Motor Listrik Subsidi, Dijual Rp 9,95 Juta

Pengunjung mencoba motor listrik yang disediakan di area test ride PEVS 2023KOMPAS.com/Daafa Alhaqqy Pengunjung mencoba motor listrik yang disediakan di area test ride PEVS 2023

“Desainnya motor listrik juga unik-unik, hampir semuanya keren. Kalau dilihat-lihat mirip sekali dengan Vespa, makanya saya minat,” ucap Fadil.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Ricky, Pengusaha asal Bekasi. Menurutnya motor listrik jauh lebih efisien, ringkas, dan kenyamanannya bisa diadu dengan motor konvensional.

Dia juga mengku jika dirinya sudah melakukan perhitungan antara biaya konsumsi motor listrik dibanding konvensional, dan disimpulkan jika daya listrik jauh lebih murah.

“Bisa irit sekali kalau dari hitung-hitungan saya. Kalau pakai motor listrik, kira-kira saya bisa irit Rp 500.000 sampai Rp 600.000 per-bulan. Berdasarkan penggunaan saya ya,” kata dia.

Baca juga: Gesits Raya E Meluncur di PEVS 2023, Harga Rp 24 Jutaan

Area test ride motor listrik gratis di PEVS 2023 yang bisa dinikmati pengunjungKOMPAS.com/daafa Area test ride motor listrik gratis di PEVS 2023 yang bisa dinikmati pengunjung

Area test ride motor listrik PEVS terbuka bagi semua pengunjung mulai pukul 11.00 WIB sampai 17.00 WIB.

Bagi siapa saja yang hendak menjajal motor listrik, cukup melakukan registrasi dengan mengisi data dan menitipkan SIM C.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com