Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Seres E1 Bakal Lebih Murah dari Air ev?

Kompas.com - 18/05/2023, 12:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seres E1 menjadi mobil listrik mungil yang akan meramaikan jalanan di Indonesia. Rencananya, E1 akan diproduksi di fasilitas pabrik Sokonindo Cikande dan dijual pertengahan 2023.

Kalau bicara dimensi, mobil listrik super ringkas ini mirip-mirip dengan Wuling Air ev. Panjang mobilnya sekitar 3 meter dan bisa memuat sampai empat orang.

Lalu bagaimana soal harganya?

Baca juga: Seres Jadi Bukti Keseriusan Sokonindo Jual BEV di Indonesia

Seluruh pengemudi yang mengantarkan unit Air ev telah mendapatkan pelatihan sebelumnya. Dalam perjalanan menuju Wuling Labuan Bajo Pool pun barisan Wuling Air ev dikawal oleh pihak berwenang untuk memastikan keselamatan dan keamanan selama proses pengantaran.

Wuling Seluruh pengemudi yang mengantarkan unit Air ev telah mendapatkan pelatihan sebelumnya. Dalam perjalanan menuju Wuling Labuan Bajo Pool pun barisan Wuling Air ev dikawal oleh pihak berwenang untuk memastikan keselamatan dan keamanan selama proses pengantaran.

Achmad Rofiqi, PR & Media Manager Sokonindo Automobile masih belum mau membocorkan berapa banderolnya. Tapi nanti, dikabarkan akan tersedia dalam dua model, tergantung dengan jarak tempuhnya.

"Harga jual kisarannya di China varian tertinggi sekitar Rp 121 juta, sedangkan untuk model di bawahnya bisa under Rp 100 juta," ucap Fiqi di Jakarta, Rabu (17/5/2023).

Perlu digarisbawahi, harga tersebut berlaku di China, di mana ekosistem kendaraan listrik sudah sangat baik. Belum lagi dengan segala fasilitas dan peraturan pemerintah yang bisa meredam harga mobil listrik.

Baca juga: Hitung Konsumsi BBM Toyota Agya LCGC Terbaru di Dalam Kota

Seres E1 diperkenalkan saat PEVS 2023KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Seres E1 diperkenalkan saat PEVS 2023

"Ketika kita bawa kemari, barang-barang juga beberapa masih impor yang belum ada di Indonesia, sangat berbeda, enggak bisa jadi patokan," kata Fiqi.

Ketika ditanya soal keunggulan dari E1 dibanding pesaingnya yang duluan hadir, Fiqi mengatakan kalau harga jualnya mau dipasang lebih rendah. Kalau begitu, maka bisa saja ketika harganya diumumkan, bisa lebih murah dari Wuling Airev.

Saat ini, Wuling Airev dibanderol mulai Rp 243 jutaan sampai Rp 299 jutaan. Jadi bisa dibayangkan harganya bisa di 200 jutaan kecil, atau bahkan mungkin di bawah Rp 200 juta.

Tapi, kalau dibandingkan kedua mobil listrik mungil ini, E1 punya kapasitas baterai yang lebih kecil. E1 kapasitas baterainya 16,8 kWh, sedangkan Airev standard range kapasitasnya 17,3 kWh.

Bisa saja, selisih kapasitas baterai tadi menjadikan perbedaan jarak tempuh yang lumayan signifikan. Tapi Sokonindo sendiri belum mengumumkan berapa kemampuan dari Seres E1 secara jarak tempuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com