Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/05/2023, 07:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023 akan digelar dalam waktu dekat. Pameran kendaraan listrik ini akan dimeriahkan oleh lebih dari 50 partisipan.

PEVS 2023 akan digelar pada 17-21 Mei 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Pameran ini diyakini menjadi medium yang tepat untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia mendukung kebijakan pemerintah dalam mencapai target net zero emission di tahun 2060.

Baca juga: Datang ke Pameran Kendaraan Listrik PEVS 2023, Tiket Masuk Rp 50.000

Tak hanya menghadirkan kendaraan listrik, baik motor, mobil, maupun kendaraan niaga. PEVS akan menghadirkan inovasi terkini dan menjadi pusat pengembangan kendaraan listrik di Indonesia.

Pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) sukses digelar pada 22-31 Juli 2022. Foto: Dyandra Pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) sukses digelar pada 22-31 Juli 2022.

PEVS 2023 juga sudah mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah. Sudah ada kesempatan audiensi dan dukungan dari Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Dadan Kusdiana, pekan lalu (12/5/2023).

Kemudian, dilanjutkan mendapatkan kesempatan yang sama dari Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, R. Hendro Martono, pada Senin (15/5), di kantor Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Baca juga: Daftar Merek yang Ikut Pameran Kendaraan Listrik PEVS 2023

PEVS 2023 akan menampilkan beragam kendaraan roda empat yang inovatif dan ramah lingkungan, seperti BMW, DFSK, Hyundai, KEVCBU, Mobil Anak Bangsa (MAB), Morris Garages (MG), Prestige, dan Wuling.

Mandiri Tunas Finance tawarkan promo kredit mobil listrik di ajang PEVS 2022.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Mandiri Tunas Finance tawarkan promo kredit mobil listrik di ajang PEVS 2022.

Sedangkan untuk motor listrik, akan ada Benelli-Keeway, Davigo, Gesits, Gotion High-Tech, Greentech, Kymco, Rakata, Saige, Selis, Smartby, dan Volta.

Tak ketinggalan, industri pendukung kendaraan listrik yang berperan penting dalam ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, antara lain ABC Lithium, Advance, Birubatt, Exicom, FAST, Gramedia, Honda Power Products Indonesia, Motoriz, Musashi, Powerindo, Tanva, Tianneng, Venom, Voltron, Von Dutch, Wallbox, Wanhoo, dan lainnya.

Motor listrik Gesits G1 dipamerkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (28/7/2022). Gesits G1 memiliki fitur unggulan salah satunya adalah fitur peta digital yang bisa dinikmati pemilik kendaraan melalui panel indikator. Sehingga, pemilik tidak perlu repot memakai telepon genggam untuk memakai peta selama berkendara.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Motor listrik Gesits G1 dipamerkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (28/7/2022). Gesits G1 memiliki fitur unggulan salah satunya adalah fitur peta digital yang bisa dinikmati pemilik kendaraan melalui panel indikator. Sehingga, pemilik tidak perlu repot memakai telepon genggam untuk memakai peta selama berkendara.

Presiden Direktur Dyandra Promosindo Daswar Marpaung, mengatakan, pihaknya bangga mengumumkan bahwa lebih dari 50 partisipan akan memeriahkan PEVS 2023, termasuk kategori roda empat, roda dua, industri pendukung kendaraan listrik, supporting partner, sponsor, dan FnB.

"Tahun ini, kami sangat antusias menyelenggarakan Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023 bersama Periklindo. Melalui PEVS, kami ingin memperkuat kesadaran akan kebutuhan akan kendaraan listrik dan mendorong perubahan yang berkelanjutan menuju mobilitas ramah lingkungan," ujar Daswar, dalam keterangan resminya.

Pengunjung mendapat kesempatan mencoba sepeda motor listrik di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Kamis (28/7/2022). Motor dan sepeda listrik yang bisa dicoba antara lain Gesits GI, Rakata NX8 dan NX3, Rakata OYIKA 59, U Win, serta Fly DF-5.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Pengunjung mendapat kesempatan mencoba sepeda motor listrik di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Kamis (28/7/2022). Motor dan sepeda listrik yang bisa dicoba antara lain Gesits GI, Rakata NX8 dan NX3, Rakata OYIKA 59, U Win, serta Fly DF-5.

Menyoroti mobilitas yang berkelanjutan dengan mengedepankan kendaraan listrik sebagai solusi masa depan, PEVS menjadi panggung kolaborasi antara sektor publik dan swasta dalam mencapai tujuan net zero emission yang diinginkan oleh pemerintah. Tidak hanya memamerkan kendaraan listrik, pameran ini juga menghadirkan industri pendukung kendaraan listrik seperti teknologi pengisian daya, infrastruktur pengisian, solusi baterai, dan komponen lainnya.

Project Manager PEVS 2023 Rudi MF, mengatakan, selain menyediakan berbagai kegiatan edukatif dan kesadaran lingkungan yang berkelanjutan meliputi seminar dan talkshow. PEVS juga menggencarkan berbagai program business yang dikemas secara menarik seperti Business to Business, Business to Customer serta Business to Government.

"PEVS 2023 akan menjadi wadah bagi para pengunjung untuk melihat langsung perkembangan terbaru dalam industri kendaraan listrik. Kami berharap acara ini dapat memperkuat kolaborasi antara sektor publik, swasta, dan masyarakat dalam mewujudkan transportasi yang berkelanjutan," kata Rudi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com