Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejadian Unik, Dua Mobil Tabrakan Ternyata Pakai Pelat Nomor yang Sama

Kompas.com - 14/05/2023, 14:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelat nomor merupakan tanda registrasi pada setiap kendaraan. Oleh karena itu, setiap mobil biasanya punya pelat nomor dengan kombinasi yang berbeda, tidak ada yang sama.

Namun, ada kejadian yang cukup unik terjadi dan diunggah ke TikTok. Pada video singkat yang diunggah akun @antonichtjustitio, terlihat dua mobil yang terlibat kecelakaan dan punya pelat nomor yang sama.

"Kecelakaan, pelatnya sama," ucapnya dalam video tersebut dikutip Kompas.com, Minggu (14/5/2023).

Baca juga: Polisi Mulai Tindak Mobil yang Tidak Pakai Pelat Nomor

@antonichtjustitio Tabrakan langka. Nomor plat sama #brio # vs #avanza #jogja ? suara asli - keranjang kuning

 

Memang, untuk mobil Avanza berwarna hitam memakai pelat AB 1137 YY. Sedangkan Brio berwarna abu-abu yang bertabrakan memakai pelat AB 1137 UW.

Untuk Avanza, sebenarnya memakai pelat nomor yang sementara, memakai warna dasar putih dengan tulisan merah dan tidak ada keterangan bulan dan tahun di bawahnya. Kalau Brio, sudah memakai pelat permanen, warna dasar hitam, tulisan putih.

Soal pelat nomor, memang ada kemungkinan sama antara satu mobil dan lainnya. Cuma, huruf kombinasi yang ada di belakang bisa jadi pembeda.

Baca juga: Keunggulan Mobil FWD Dibandingkan RWD

Misal, kalau melihat ke Peraturan Polisi No. 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor, tertulis pada lampiran mengenai kombinasi huruf dan angka pada pelat nomor.

Bahkan nomor urut registrasi yang ada di pelat nomor sudah disiapkan berdasarkan jenis kendaraan. Misal dari 1 sampai dengan 1999 sudah disiapkan untuk mobil penumpang.

Lalu ada 2000 sampai 6999 untuk motor, kemudian 7000 sampai 7999 untuk bus, 8000 sampai 8999 untuk mobil barang dan 9000 sampai 9999 untuk mobil khusus.

Sedangkan untuk pelat nomor sementara, biasanya diberikan pada mobil baru yang belum keluar surat-suratnya. Jadi untuk sementara mobil bisa digunakan, namun terbatas waktunya.

"Enggak bisa pilih nomor sementara, berlakunya cuma 1 bulan," ucap sales Toyota kepada Kompas.com.

Jadi kalau dilihat dari tabrakan dan kebetulan pelatnya nomornya sama sangat bisa terjadi. Bukan hal yang aneh, cuma memang sangat jarang terjadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com