Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Honda Brio Alami Kerusakan Cat Bodi akibat Paint Remover

Kompas.com - 13/05/2023, 07:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar di media sosial video yang memperlihatkan mobil Honda Brio mengalami kerusakan pada bagian cat mobil.

Dalam rekaman yang diunggah oleh akun Instagram @terang_media, terlihat mobil Honda Brio berwarna kuning dengan kondisi cat bodi yang sudah terkelupas di beberapa bagian.

Pada unggahan tersebut dinarasikan bahwa hal itu disebabkan oleh tetangga yang iri hati kepada sang pemilik mobil, sehingga kendaraannya disiram menggunakan paint remover (campuran pengelupas cat yang efektif untuk menghilangkan/mengelupaskan cat tembok, cat enamel, lacquer, baking, printing, politur, vernis dan lain-lain pada permukaan tembok, kayu, dan metal.

Baca juga: Bus Punya Blind Spot Besar, Mobil Jangan Terlalu Dekat

“Diduga ada tetangga yang iri, sebuah mobil disiram dengan paint remover sehingga mengalami kerusakan dan harus masuk bengkel,” tulis narasi unggahan tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by TERANG MEDIA (@terang_media)

Namun, belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab kejadian tersebut.

Kepala Bengkel Honda Jakarta Center Denny Sulistyo mengatakan, cairan chemical (cairan kimia keras) jika dibiarkan dalam waktu tertentu bisa menurunkan kualitas dari cat bodi kendaraan.

“Kalau sudah seperti video itu solusinya hanya cat ulang bodi mobil,” ucap Denny, saat dihubungi Kompas.cm, Jumat (12/5/2023).

Baca juga: Ada Cairan Menetes Saat Mobil Parkir, Apakah Berbahaya?

Sementara untuk biaya perbaikan bodi mobil yang rusak akibat penggunaan cairan keras seperti paint remover, membutuhkan dana yang tidak sedikit. Mencapai puluhan juta rupiah.

“Untuk biaya perbaikannya cat all bodi sekitar Rp 15 juta. Jika konsumen mempunyai asuransi, bisa konsultasi kepada pihak asuransinya, apakah asuransi yang customer miliki bisa mengcover kerusakan seperti ini,” kata Denny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com