Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komentar Marc Marquez Usai Mencoba Sasis Kalex di MotoGP Perancis

Kompas.com - 13/05/2023, 08:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Marc Marquez telah mencoba sasis buatan Kalex selama latihan bebas MotoGP Le Mans, Perancis, Jumat (12/5/2023).

Pebalap Repsol Honda itu menyatakan bahwa rangka baru punya karekter berbeda dari sebelumnya. Ia bahkan sempat mengalami crash pada sesi latihan bebas.

"Kami mencoba dan membandingkan kedua sasis, itulah mengapa ini bukan hari Jumat yang mudah," ujar Marquez, dikutip dari Speedweek (12/5/2023).

Baca juga: Mengenal Arti dan Fungsi Huruf B pada Transmisi All New Ayla

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Repsol Honda Team MotoGP (@hrc_motogp)

 

“Setiap kali saya keluar, saya memiliki motor yang berbeda dengan sasis yang berbeda. Ini membutuhkan gaya mengemudi yang berbeda dan pendekatan menikung yang berbeda,” kata dia.

Menurut Marquez, pengetesan sasis Kalex menjadi uji coba yang sulit. Namun, perubahan rangka motor balap RCV213V bisa berdampak baik pada performa di sirkuit.

“Sekarang kita harus menganalisis semuanya. Tetapi pada hari Sabtu kami harus melihat lebih jauh ke dalam sasis Kalex ini karena mengikuti filosofi yang berbeda,” ucap Marquez.

Baca juga: Beli Pertalite Mau Dibatasi Maksimal 20 Liter Per Hari

“Dengan demikian kami telah menemukan area positif dan negatif. Sekarang kami akan mencoba menyingkirkan aspek-aspek negatif,” ujarnya.

Sebelumnya, sasis buatan Kalex itu dicoba oleh pebalap penguji Stefan Bradl di tes Jerez. Namun, pengetesan kurang maksimal karena Bradl terjatuh saat mencoba paket aerodinamika baru.

Setelah diperbaiki, Joan Mir kemudian menjajal motor tersebut. Namun, karena ada kendala teknis akibat bekas tabrakan sebelumnya, Mir hanya mencoba motor sebanyak satu lap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com