Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemnaker dan Hyundai Bikin Pelatihan Teknisi Kendaraan Listrik

Kompas.com - 12/05/2023, 17:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) resmi menjajaki kerja sama dengan PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) dalam Pengembangan Pelatihan Teknisi Kejuruan Kendaraan Listrik.

Langkah tersebut, dikatakan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, sebagai upaya menyambut era elektrifikasi. Karena seiring perkembangan, permintaan teknisi kendaraan listrik yang kompeten dan berkualifikasi industri bakal tinggi.

"Kalau kerja sama ini dimungkinkan, nantinya akan menguntungkan kedua belah pihak, baik Kemnaker sebagai institusi yang bertanggung jawab meningkatkan kempetensi angkatan kerja Indonesia maupun perusahaan yang akan menadpatkan tenaga kerja tersebut," katanya dalam keterangan resmi, Jumat (12/5/2023).

Baca juga: Toyota Akan Luncurkan 10 Mobil Listrik pada 2026, Pakai Platform Baru

Kemnaker kerja sama dengan Hyundai untuk pelatihan teknisi kendaraan listrikdok.Kemnaker Kemnaker kerja sama dengan Hyundai untuk pelatihan teknisi kendaraan listrik

Lebih lanjut, Ida mengungkapkan bila usulan ruang lingkup kerja sama dengan perusahaan otomotif tersebut, yaitu membangun pusat pelatihan kejuruan di lokasi yang telah ditetapkan sebagai Pusat Keunggulan Pelatihan Teknisi Kejuruan kendaran listrik di Indonesia.

Serta, mengembangkan kurikulum dan silabus pelatihan teknisi kejuruan kendaran listrik.

Selain itu mengadakan pelatihan untuk instuktur kejuruan kendaraan listrik yang meliputi, menyediakan peralatan mobil praktik dan peralatan pelatihan lainnya untuk pelatihan teknisi kejuruan kendaraan listrik, serta dukungan operasi dan manajemen.

"Semoga kerja sama ini dapat terwujud, sehingga nantinya akan banyak tenaga kerja yang kompeten di bidang kendaraan listrik," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com