Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Senggol Alex Rins yang Sering Beri Kritik di Media

Kompas.com - 08/05/2023, 11:28 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

Sumber Crash


JAKARTA, KOMPAS.com - Alex Rins diingatkan Honda untuk tidak lagi melakukan kritik secara terbuka, seperti yang dia lakukan saat tes Jerez, Spanyol, karena merasa tidak dilibatkan oleh Honda.

Honda bahkan disebut memperingatkannya bahwa jika dia kembali membuat pernyataan negatif tentang Honda di depan umum, makan Honda akan mengambil "tindakan yang sesuai".

Seperti diketahui, belum lama ini Rins tidak mendapat kesempatan menguji sasis Kalex di tes Jerez dan akhirnya buka suara. Sumber Honda mengatakan, hal apapun yang dilakukan Rins tidak akan membuatnya dapat mencoba sasis baru.

Baca juga: Ini yang Harus Dilakukan Masyarakat Saat Melihat Kecelakaan Lalu Lintas

Alex Rins, pebalap tim LCR Honda saat berlaga di MotoGP Portugal 2023.Twitter @rins42 Alex Rins, pebalap tim LCR Honda saat berlaga di MotoGP Portugal 2023.

"Tidak. Saya cukup terkejut, karena awalnya mereka mengatakan kepada saya bahwa hanya Stefan yang akan pergi untuk menguji rangka baru, sasis baru dan saya mendengar di TV bahwa Joan juga mencobanya," kata Rins dilansir dari Crash.net, Senin (8/5/2023).

“Sayangnya motornya (berhenti) di tikungan enam, tapi saya cukup terkejut dengan hal ini,” kata dia.

Sebelumnya, Rins juga pernah mengkritik Honda secara terbuka sebelum Grand Prix Amerika, di Sirkuit COTA. Rins mengatakan dia merasa belum dimanfaatkan secara penuh oleh Honda.

“Saya merasa Honda tidak terlalu bergantung pada saya. Saya merasa belum dimanfaatkan," ujar Rins saat itu.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mobil Lebih Kuat Nanjak jika AC Dimatikan?

Alex Rins saat sesi tes pra-musim MotoGP 2023 bersama tim satelit LCR HondaDok. @alexrins Alex Rins saat sesi tes pra-musim MotoGP 2023 bersama tim satelit LCR Honda

“Contoh kecilnya adalah yang terjadi di Argentina. Setelah menguji sasis Marc, yang berbeda dari yang digunakan Joan, saya bertanya kepada mereka apakah mereka juga mengizinkan saya menguji Mir, untuk mendapatkan gambaran keseluruhan," kata dia.

“Saya pikir ini adalah waktu yang tepat untuk menguji. Dan mereka bilang tidak, padahal mereka punya unit cadangan," ujar Rins.

Hebatnya, mantan pebalap Suzuki itu kemudian menang di COTA beberapa hari setelah mengeluarkan kritik tersebut. Sayangnya pebalap asal Spanyol tersebut kemudian gagal finis di MotoGP Spanyol.

“Saya mencoba untuk berbicara dengan mereka, tetapi mereka sangat persegi (kaku). Bukannya mereka tidak mendengarkan saya, tetapi mereka tidak memanfaatkan saya," kata Rins.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Crash
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com