Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Prosedur Penanganan Saat Mesin Mobil Mengalami Overheat

Kompas.com - 15/04/2023, 12:42 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com - Mesin overheat menjadi masalah yang menakutkan bagi pemilik mobil. Apalagi jika terjadi di jalur yang melintasi hutan dan wilayah sepi.

Penanganan kasus kerusakan mesin tersebut juga ada prosedurnya, yaitu untuk menghindari kerusakan serius lainnya. 

Sebab jika salah menangani, kerusakan mesin itu dikhawatirkan kondisinya bertambah parah. Selain itu, saat salah prosedur penanganan, alhasil akan membahayakan pemilik mobil. 

"Pertama itu tanda mesin overheat harus diperhatikan. Setiap perjalanan jarak jauh istirahat 3 jam sekali, juga agar mesin dingin dan sirkulasi oli kembali lancar. Dari MID akan menampilkan informasi mesin bermasalah, jarum temperatur suhu naik atau lampu indikator berkedip," ucap Kepala Bengkel Nasmoco Kaligawe Semarang Mohammad Syafruddin kepada Kompas.com, Sabtu (15/4/2023). 

Baca juga: Pemudik Wajib Tahu Tanda Mobil Mengalami Overheat

Speedometer InnovaKompas.com Speedometer Innova

Bila kondisi itu terjadi, pengemudi sebaiknya berhenti untuk menunggu mesin sampai dingin. Jangan mencoba untuk menghidupkan mesin yang mengalami overheat. 

Penanganan tepat, akan menghindari kerusakan serius yang membuat mobil harus turun mesin. Pemilik mobil juga dilarang untuk membuka tutup radiator, karena jika terkena kulit dapat mengakibatkan luka bakar yang serius. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Achmad Subechi (@achmad_subechi)

Jika terpaksa, sebaiknya dilakukan setelah menunggu mesin sudah dingin. Caranya, menggunakan kain lap untuk menghindari air panas yang menyembur dari radiator. 

Baca juga: AC Mobil Tiba-tiba Tidak Dingin, Tanda Mesin Mengalami Overheat?

"Biarkan tunggu sampai dingin, jangan buka tutupnya. Itu tekanan udaranya besar dan bisa menyembur membahayakan pemilik mobil. Suhu mesin 30 menit akan turun, nanti kalau mau cek kondisi air radiator pas sudah dingin. Tapi safety ya, pakai kain lap basah dan dibuka dari jarak agak jauh," kata 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com