Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik Wajib Tahu Tanda Mobil Mengalami Overheat

Kompas.com - 10/04/2023, 12:42 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Overheat adalah kondisi mesin sedang mengalami panas berlebih akibat terganggunya sistem pendingin. Jika dibiarkan atau dipaksakan tetap jalan, mobil bisa mengalami kerusakan khususnya di bagian mesin.

Sehingga, pengemudi wajib memahami kondisi tersebut. Dengan demikian, ketika ada gejala overheat terdeteksi, pengemudi bisa segera menepi dan menghentikan laju kendaraan untuk meminta pertolongan.

Lantas, apa saja tanda mobil mengalami overheat?

Baca juga: Dugaan Penyebab Grand Livina Lawas yang Overheat di Tanjakan

Speedometer InnovaKompas.com Speedometer Innova

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan pengemudi akan mengetahui mobil mengalami overheat dari informasi di layar mobil.

“Jika tanda jarum atau lampu temperatur di odometer menunjukkan kenaikan suhu yang tidak wajar, atau sampai menyentuh titik merah, itu artinya mobil mengalami panas berlebih,” ucap Bambang kepada Kompas.com, Minggu (9/4/2023).

Dia mengatakan selain dari layar informasi, pengemudi juga bisa merasakan performa mobil yang tiba-tiba menurun.

Baca juga: Apa Benar Mobil BMW Jadul Rawan Overheat?

Indikator Ertiga HybridSIS Indikator Ertiga Hybrid

“Mobil terasa tidak ada tenaga atau tersendat, bila gejala ini muncul berbarengan dengan naiknya suhu di layar informasi, maka ini menjadi tanda yang cukup kuat bahwa mobil sudah mengalami overheat,” ucap Bambang.

Foreman Nissan Bogor Fandi Ahmad mengatakan mesin mobil yang mengalami overheat bisa terdeteksi lewat informasi suhu di layar.

“Tanda pertama mesin mengalami overheat terlihat dari indikator suhu mesin di multi information display (MID) yang melebihi suhu kerja mesin normal, biasanya tandanya warna merah,” ucap Fandi kepada Kompas.com, Minggu (9/4/2023).

Baca juga: Lamborghini Aventador Ini Overheat dan Berasap di Jakarta, Supercar Tidak Bisa Diajak Macet-macetan

Dia mengatakan tanda lainnya bisa terdeteksi dari dalam ruang mesin, yaitu pada tangki reservoir coolant.

“Bila air radiator di tangki cadangan berkurang atau airnya terlihat mendidih, hingga meluap-luap, biasanya juga ada bekas tumpahan atau bercak air coolant di mesin, itu bisa menjadi tanda yang cukup kuat mesin sudah mengalami overheat,” ucap Fandi.

Jika kondisi mesin sudah mengalami overheat, maka perjalanan tidak bisa dilanjutkan sampai datang bantuan dari bengkel atau ahlinya. Jika dipaksakan, maka dapat berakibat pada kerusakan mesin yang lebih parah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com