Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini yang Menyebabkan Mesin Diesel Sering Overheat

Kompas.com - 28/10/2022, 14:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Mesin diesel identik dengan panas mesin yang lebih tinggi daripada mesin bensin. Hal itu dikarenakan mesin diesel menghasilkan kompresi yang lebih tinggi.

Seperti yang diketahui mesin diesel membutuhkan kompresi yang sangat tinggi dikarenakan pembakaran bahan bakar mengandalkan panas, kompresi dan pengkabutan bahan bakar yang sempurna.

Hal itu berpotensi membuat mesin diesel mudah mengalami overheat terlebih lagi terdapat komponen yang bermasalah.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mobil Mesin Diesel Lebih Bertenaga?

Unit Suzuki Ertiga bermesin diesel- Unit Suzuki Ertiga bermesin diesel

Mantan Mekanik Nissan Jambi Agus Priyobodo, mengatakan mesin diesel mudah mengalami overheat bila terjadi kendala pada visco fan.

“Mesin diesel akan mengalami overheat bila visco fan bermasalah, biasanya hal ini tidak disadari karena kipas masih mampu berputar tapi kecepatannya kurang maksimal,” ucap Agus kepada Kompas.com, Kamis (27/10/2022).

Dia mengatakan visco fan memiliki karakter yang unik karena kipas ini digerakkan oleh sabuk yang terhubung dengan puli poros engkol namun putaran kipas bisa tidak sama.

Baca juga: Mengenal Beda Bio Solar, Dexlite, dan Pertadex untuk Mesin Diesel

Mesin Diesel Toyota Fortuner 2.8LTAM Mesin Diesel Toyota Fortuner 2.8L

“Di dalam visco fan terdapat sejenis kopling yang digerakkan oleh oli silicon, ketika oli silikon itu terlalu encer maka putaran kipas menjadi lebih pelan dari standarnya,” ucap Agus.

Dia mengatakan, seiring pemakaian oli silikon akan mengalami penurunan kualitas yaitu oli menjadi semakin encer.

“Beberapa tipe visco fan bisa dibuka sehingga oli silikon bisa diganti namun beberapa tipe juga tidak bisa dibuka, sehingga harus diganti visco fan set,” ucap Agus.

Baca juga: 3 Cara Kembalikan Performa Mesin Diesel yang Loyo

Saat alami runaway, mesin diesel akan terus menyala walaupun kontak sudah pada posisi off.- Saat alami runaway, mesin diesel akan terus menyala walaupun kontak sudah pada posisi off.

Dia mengatakan, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa visco fan sudah lemah sehingga overheat pun sering terjadi pada mesin diesel.

“Visco fan memamg bisa diterapkan pada mesin bensin atau diesel, tapi kebanyakan mesin diesel masih menggunakan kipas tipe visco fan ink,” ucap Agus.

Jadi, bila mesin diesel pada mobil Anda sering mengalami overheat bisa dicoba memeriksa kondisi visco fannya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com