Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Motor Group Siapkan 31 Mobil Listrik hingga 2030

Kompas.com - 14/04/2023, 08:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Motor Group memiliki target yang tinggi dalam era elektrifikasi. Salah satunya adalah menyiapkan 31 mobil listrik hingga 2030.

Dikutip dari Carbuzz.com, Kamis (13/4/2023), puluhan mobil listrik tersebut tidak datang hanya dari Hyundai. Tapi, dibagi lagi dengan Genesis dan Kia, yang juga sama-sama berasal dari Korea Selatan.

Baca juga: Ioniq 5 Inden Panjang, Hyundai Genjot Kapasitas Produksi

Sebelumnya, Kia sudah mengumumkan akan menyiapkan 15 mobil listrik hingga 2027. Mobil listrik terbarunya adalah EV9, yang berjenis SUV.

SUV listrik Kia EV9Dok. Kia SUV listrik Kia EV9

Sedangkan Hyundai, tahun ini masih fokus dengan peluncuran Ioniq 6. Tahun depan, Ioniq 7 dikabarkan juga akan diperkenalkan. Sementara Genesis, yang biasanya hadir dengan mobil-mobil premium, dikabarkan sedang menyiapkan mobil sport elektrik.

Selain itu, Hyundai Motor Group akan berupaya untuk mempercepat pengembangan platform generasi berikutnya yang akan meningkatkan performa mobil listrik. Integrated Modular Architecture (IMA) akan menelurkan platform khusus untuk masing-masing kelas kendaraan, termasuk platform "eM" untuk mobil listrik di segmen mobil penumpang.

Baca juga: Biaya Servis Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 Vs Kia EV6 GT-Line

Kendaraan yang didukung oleh IMA akan menggunakan baterai dan motor standar, yang akan meningkatkan kecepatan dan efisiensi pengembangan. Platform ini akan digunakan pada mobil produksi massal mulai 2025 dan seterusnya.

Genesis G80dok.HMID Genesis G80

Untuk melengkapi kemajuan mobil listrik tersebut, Hyundai juga memiliki rencana untuk membangun layanan pengisian daya berkecepatan tinggi yang akan memperluas jaringan di Korea.

Jika semua berjalan lancar, maka Hyundai bisa menggeser dominasi Tesla di segmen mobil listrik. Selain itu, Hyundai juga akan selangkah lebih maju dibanding kompetitor asal Jepang, yakni Toyota dan Honda, yang seolah tertinggal dalam hal elektrifikasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com