Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Dua Opsi Rute yang Mau Melintasi Tol Fungsional Japek II Selatan

Kompas.com - 13/04/2023, 03:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) siap mengoperasikan jalur fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan Segmen Sadang-Kutanegara-Taman Mekar sepanjang 28,5 Km pada periode Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Direktur Utama PT JJS Charles Lendra, mengatakan, pengoperasian jalur fungsional Jalan Tol Japek II Selatan dilakukan secara situasional dan dibuka atas diskresi Kepolisian.

Selain itu, jalur ini hanya bisa dilewati oleh kendaraan golongan I non bus dan non truk dengan aturan kecepatan maksimum kendaraan adalah sebesar 40 Kpj.

Baca juga: Honda ADV 160 Pakai Baju Baru, Harga Tembus Rp 90 Juta

GT Tol Kutanegara Ruas Sadang-Kutanegara, Tol Japek II SelatanDok. Jasa Marga GT Tol Kutanegara Ruas Sadang-Kutanegara, Tol Japek II Selatan

Pada Lebaran tahun ini akan terdapat dua opsi rute yang dapat dipilih pengguna jalan. Rute pertama, yaitu SS Sadang hingga SS Kutanegara sepanjang 8,5 Km, masih sama seperti yang telah dioperasikan secara fungsional di Lebaran dan Natal Tahun Baru Tahun 2022.

“Dengan jarak 8,5 Km, pengguna jalan dapat menempuh jalur fungsional selama 10 menit dan keluar melalui Gerbang Tol (GT) Kutanegara,” ujar Charles, dalam keterangan resmi (12/4/2023).

“Serta melanjutkan perjalanan untuk masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta melalui Jl. Industri sepanjang 27 Km via GT Karawang Barat 2 (tidak dapat mengakses Jalan Layang MBZ),” kata dia.

Baca juga: Penjelasan Hyundai Soal Ioniq 5 Dipercepat jika Bayar Lebih Mahal

Sementara untuk rute kedua, PT JJS siap mengoperasikan fungsional SS Sadang-Kutanegara-Taman Mekar sepanjang 28,5 Km.

Dengan jarak 28,5 Km, pengguna jalan dapat menempuh jalur fungsional selama 40 menit dan keluar di akses Taman Mekar.

Kemudian pengguna jalan bisa melanjutkan perjalanan melalui Jl. Pangkalan sejauh 16 Km untuk dapat masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju arah Jakarta melalui GT Karawang Barat 2 (tidak dapat mengakses Jalan Layang MBZ).

Baca juga: Mobil Mengalami Pecah Ban di Tol, Jangan Langsung Injak Rem

Tol Japek II SelatanDok. Waskita Beton Precast Tol Japek II Selatan

“Di rute yang kedua ini, Jasa Marga menyiapkan tambahan sarana keselamatan jalan, yaitu berupa perambuan, guardrail dan Moveable Concrete Barrier (MCB), delineator pengarah jalan sepanjang jalan tol fungsional,” ucap Charles.

Hal ini mengingat kondisi jalan tol di rute kedua relatif berbeda dengan rute pertama yang telah lebih lengkap karena telah beberapa kali disiapkan untuk fungsional.

“Untuk itu kami mohon pengguna jalan untuk dapat mengantisipasi dan lebih berhati-hati. Untuk akses masuk jalan tol ini juga masih sama, baik rute pertama maupun rute kedua, yaitu melalui Km 77+100 Jalan Tol Cipularang atau SS Sadang arah Jakarta,” kata dia.

Baca juga: Chery TJ-1 Resmi Diperkenalkan, Ada Varian ICE dan PHEV

Pelebaran lajur di Tol Jakarta-Cikampek sudah selesaiJASA MARGA Pelebaran lajur di Tol Jakarta-Cikampek sudah selesai

Charles menjelaskan, jalur fungsional Jalan Tol Japek II Selatan tidak dikenakan tarif. Namun, pengguna jalan tetap akan membayar tarif tol Jalan Tol Cipularang dan Jalan Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) jika melakukan perjalanan dari gerbang tol di Jalan Tol Padaleunyi.

Bicara soal tarif, nantinya besaran tarif yang dikenakan bakal sama bila pengguna jalan keluar melalui GT Sadang jalan Tol Cipularang.

Transaksi dengan tapping e-toll ini akan dilakukan di di GT Kutanegara yang berada di rute 1 atau di gerbang tol temporer yang berada di rute 2.

Baca juga: Indikasi TMMIN Produksi Mobil Hybrid Lebih Murah dari Innova Zenix

Gerbang Tol (GT) Kutanegara, Karawang, Jawa Barat, yang merupakan bagian dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan.KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Gerbang Tol (GT) Kutanegara, Karawang, Jawa Barat, yang merupakan bagian dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan.

“Baik di GT Kutanegara maupun di gerbang tol temporer, kami siapkan 4 gardu tol yang juga didukung dengan tambahan 2 mobile reader di masing-masing gerbang tol,” kata Charles.

“Tidak hanya di bidang transaksi, kami juga memastikan perjalanan yang aman dan nyaman dengan menyiagakan layanan lalu lintas seperti Mobile Customer Service (MCS)/Patroli, Derek, Ambulans, Patroli Jalan Raya (PJR), Kamtib, Water Tank hingga Patroli Roda Dua,” ujarnya.

Untuk diketahui, Jalan Tol Fungsional Japek II Selatan segmen Sadang-Kutanegara-Taman Mekar merupakan bagian dari prioritas pekerjaan dari Proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan yang memiliki total panjang 62 Km.

Jalan tol ini memiliki total 3 Seksi, yaitu Seksi 1: Jatiasih-Setu sepanjang 9,3 km, Seksi 2: Setu-Sukabungah sepanjang 21,45 Km dan Seksi 3: Sukabungah-Sadang sepanjang 31,25 Km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com