Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Baik Mana, Aki Kering atau Aki Basah?

Kompas.com - 09/04/2023, 09:03 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang mudik lebaran, mobil harus dalam kondisi prima. Begitu juga aki mobil, wajib memiliki performa yang baik bila ingin mengurangi risiko mogok di jalan.

Jika aki sudah memasuki usia lebih dari 2 tahun, berdasarkan prediksi pabrikan aki sudah memasuki masa optimalnya secara rata-rata pemakaian.

Sehingga, tidak perlu ragu bila aki memiliki usia tersebut, dan sudah dilakukan pemeriksaan dengan hasil aki yang sudah buruk maka sebaiknya aki diganti.

Baca juga: Diskon Aki Mobil Jelang Musim Mudik Lebaran 2023

Aki mobilDicky Aditya Wijaya Aki mobil

Di pasaran, ada dua jenis aki secara umum yaitu aki kering dan basah. Lantas, bagusan mana?

Mekanik Shop & Drive Pondok Bambu Alfiyan Iqbal mengatakan aki basah dan kering memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, bisa disesuaikan dengan kesiapan pengguna mobil.

“Saat ini yang menjadi pilihan favorit masyarakat adalah aki kering atau aki bebas perawatan, karena pengguna mobil akan menjadi lebih praktis, tidak perlu menambahkan air aki secara teratur sebagai wujud perawatan,” ucap Iqbal kepada Kompas.com, Minggu (9/4/2023).

Baca juga: Apakah Aki Mobil Bisa Tekor Tiba-tiba?

Aki mobil tipe MFKompas.com Aki mobil tipe MF

Dia mengatakan sebenarnya aki kering masih menggunakan elektrolit seperti aki basah, tapi karena memiliki sel yang minim penguapan lubang aki ditutup, agar tidak terjadi pengurangan air aki.

“Bila aki kering soak, maka solusinya adalah diganti, sedangkan aki basah masih bisa dilakukan pemeriksaan atau ditambahkan air aki bila kurang,” ucap Iqbal.

Meski demikian, Iqbal mengatakan tidak bisa disimpulkan bahwa aki basah lebih awet daripada aki kering, karena data di lapangan menunjukkan kerusakan aki sangat acak.

Baca juga: Ciri-ciri Aki Mobil Mulai Soak dan Harus Diganti

“Aki kering dan aki basah perbedaannya hanya sebatas perawatannya saja, tidak menentukan mana yang lebih awet, sehingga pengguna bisa memilih jenis aki disesuaikan dengan ketersediaan dalam merawatnya,” ucap Iqbal.

Sehingga, bila Anda tipe orang yang sibuk atau tidak memiliki waktu cukup untuk merawat aki sebaiknya menggunakan aki kering atau aki bebas perawatan, menurut Iqbal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com