Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Interior Kia EV6 GT-Line dan Hyundai Ioniq 5

Kompas.com - 29/03/2023, 16:16 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski mengusung platform yang sama, yakni Electric Global Modular Platform (E-GMP), interior Kia EV6 GT-Line ternyata berbeda dengan Hyundai Ioniq 5. Kesan futuristis dan retro masih terasa pada kabin kedua mobil listrik ini.

Pada EV6, interiornya didominasi dengan warna hitam dan terasa lebih sporty desainnya. Tapi, pada beberapa detail diberi aksen gun metal dan silver, seperti pada dasbor, setir, dan konsol tengah.

Baca juga: Ulas Fitur Canggih Mobil Listrik Kia EV6 GT-Line

Sedangkan Ioniq 5, didominasi juga dengan warna hitam dan lebih terkesan retro. Pada beberapa bagian diberi warna putih, seperti pada layar di dasbor. Kemudian, terdapat aksen gun metal juga pada tombol-tombol di dasbornya.

Interior Kia EV6 GT-LineKompas.com/Nanda Interior Kia EV6 GT-Line

Joknya sama-sama menggunakan model semi bucket. Tapi, EV6 terlihat lebih unik pada bagian headrest. Sementara material pembungkus jok yang digunakan, sama-sama menggunakan material hasil daur ulang agar lebih ramah lingkungan.

Bagian atap Ioniq 5 lebih menakjubkan karena menggunakan panoramic roof. Sementara pada EV6, hanya mengandalkan sunroof.

Baca juga: Inden Ioniq 5 Dipercepat jika Bayar Lebih Mahal, Begini Jawaban Hyundai

Setir EV6 dan Ioniq 5 sama-sama sudah dibalut dengan material kulit. Kedua mobil ini juga memiliki setir yang dilengkapi dengan beragam tombol multifungsi.

Dasbor Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Donny Dasbor Hyundai Ioniq 5

Pada bagian dasbor, disematkan dua layar model floating berukuran 12,3 inci dengan model memanjang, baik pada EV6 maupun Ioniq 5. Layar tersebut berfungsi sebagai head unit dan panel instrumen.

Pada konsol tengah, EV6 tidak hanya menyediakan cup holder. Tapi, terdapat tombol start stop engine dan pengaturan transmisi dengan model kenop.

Sedangkan pada Ioniq 5, pengaturan transmisinya menggunakan tuas, serta tombol start stop engine pada area dasbor.

Interior Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Donny Interior Hyundai Ioniq 5

Dengan platform E-GMP, baik EV6 maupun Ioniq 5, sama-sama berhasil menawarkan kabin yang cukup lapang. Sehingga, memberikan kenyamanan tersendiri bagi pengemudi maupun penumpang.

Namun, untuk EV6, ruang kepala atau headroom baris kedua tidak begitu lapang. Sebab, kaca bagian belakangnya cukup landai.

Interior Kia EV6 GT-LineKompas.com/Nanda Interior Kia EV6 GT-Line

Secara keseluruhan, interior EV6 dan Ioniq 5 sama-sama lapang. Tapi, secara desain cukup berbeda, di mana EV6 lebih terkesan sporty dan Ioniq 5 lebih terasa retro.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com