Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klaim Marquez, Penonton Bakal Terhibur dengan Format Sprint Race

Kompas.com - 23/03/2023, 19:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Balapan perdana MotoGP 2023 siap digelar akhir pekan ini di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal mulai Jumat (24/3/2023).

Berbeda dengan balapan pada seri-seri sebelumnya, musim 2023 ini akan menggunakan format Sprint Race.

Pebalap andalan Repsol Honda Marc Marquez mengatakan, dengan adanya format Sprint Race ini bisa membuat penonton MotoGP lebih terhibur.

“Tahun ini kami memiliki tantangan baru Sprint Race pada hari Sabtu, balapan singkat dan intens yang saya yakin akan membawa banyak kegembiraan bagi para penggemar. Saya sangat menantikan untuk kembali mengendarai Honda RC213V untuk musim ke-11 bersama Tim Repsol Honda,” ucap Marquez, dikutip dari Crash, Kamis (23/3/2023).

Baca juga: Powerbank, Jadi Penyebab Suzuki Ignis Terbakar Saat Parkir

Untuk pertama kalinya setelah mengalami cedera panjang, Marquez kembali ke lintasan dengan kondisi fit 100 persen.

Rider asal Spanyol itu juga bertekad untuk meraih hasil positif dan membawa Honda kembali dalam persaingan kejuaran dunia.

Sebab seperti diketahui, pabrikan Jepang itu juga terpuruk usai rider andalannya absen di beberapa seri lantaran mengalami cedera.

Jack Miller saat berlaga pada MotoGP San Marino 2022. Terkini, Kejuaraan Dunia MotoGP musim 2022 telah memasuki seri Thailand. Para pebalap akan melakoni sesi kualifikasi MotoGP Thailand 2022 di Sirkuit Internasional Chang pada Sabtu (1/10/2022) sore WIB. (Photo by Filippo MONTEFORTE / AFP)AFP/FILIPPO MONTEFORTE Jack Miller saat berlaga pada MotoGP San Marino 2022. Terkini, Kejuaraan Dunia MotoGP musim 2022 telah memasuki seri Thailand. Para pebalap akan melakoni sesi kualifikasi MotoGP Thailand 2022 di Sirkuit Internasional Chang pada Sabtu (1/10/2022) sore WIB. (Photo by Filippo MONTEFORTE / AFP)

“Kami mengalami musim sepi yang sibuk di mana kami telah mengumpulkan banyak data dan membidik masa depan. Sekarang kami harus memulai dan fokus pada balapan pembuka dan ingat bahwa balapan dan tes sangat berbeda,” ucap Marquez.

Seperti diketahui, MotoGP kali ini kan menggunakan format Sprint Race. Sprint Race digelar dengan jumlah lap setengah dari normal. Begitu pula poin yang didapatkannya, hanya setengah dari normalnya.

Baca juga: Chery TJ-1 Tertangkap Kamera, Desain Boxy dengan Penggerak AWD

Sesi latihan bebas hanya ada FP1 selama 45 menit dan FP2 selama 60 menit yang digelar pada Jumat. Kemudian, di hari Sabtu, kelas MotoGP diberikan lagi sesi latihan bebas dengan durasi 30 menit.

Setelah itu langsung dilanjutkan sesi kualifikasi dengan Q1 selama 15 menit dan Q2 selama 15 menit. Kemudian, Sprint Race pada 15.00 waktu setempat.

Pada Minggu, jadwal tetap seperti biasa. Balapan untuk kelas MotoGP akan dimulai pukul 14.00 waktu setempat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com