Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marak Pencurian Helm, Biar Aman Jangan Asal Tinggal di Parkiran

Kompas.com - 23/03/2023, 11:12 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com - Memasuki bulan Ramadhanaksi pencurian helm kembali marak di Semarang, Jawa Tengah.

Pencuri beraksi di tempat-tempat sepi dan kompleks perumahan. Kejadian tersebut membuat warga geram dan meresahkan terjadinya pencurian helm. 

Seperti yang terekam dalam unggahan video @kejadiansmg di Instagram, Rabu (23/3/2023). Terlihat, komplotan pencuri yang beraksi mengambil helm diatas sepeda motor yang terparkir di pinggir jalan. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kejadian Semarang (@kejadiansmg)

Melihat kejadian itu, warga khawatir dan sebagian terpancing dengan berkomentar pedas dalam postingan tersebut. 

"Resah lhur, helm ditaruh di teras hilang di embat maling. Meh lebaran tindak kejahatan meningkat," tulis salah satu akun. 

"Saran udah puasa, kalau parkir motor hati-hati. Helm dan motor banyak di maling," kata akun lainnya. 

Baca juga: 3 Cara Sederhana Bikin Maling Motor Batal Beraksi

Aji Arfendy, Anggota Komunitas RX King Unyar-unyur menyarankan, untuk menghindari pencurian motor, tempat parkir yang dipilih di rumah atau saat beraktivitas mesti aman. 

Suasana tempat parkir motor, banyak ditemukan helm menggantung di spionBaktiawan Candheki Suasana tempat parkir motor, banyak ditemukan helm menggantung di spion

"Parkir motor tempatnya tidak boleh gelap. Dekat dengan kita berada, terlihat motor dan barang-barang yang dibawa. Helm jika masuk ke rumah, wajib dibawa. Sangat berbahaya jika helm dibiarkan diatas setang," kata Fendy. 

Baca juga: Lagi Marak Maling Motor di Semarang, Jangan Parkir Sembarangan

Menurut Fendy, pencurian dapat dialami pemilik motor merek apa pun. Barang-barang yang dibawa juga harus diperhatikan, helm dan jaket jangan diletakan sembarangan di tempat parkir.  

"Mending dititipkan ke petugas parkir. Bila terpaksa, dikunci ke pengait bawaan di bagasi motor. Apalagi helm tertentu, banyak dicari karena jualnya gampang," katanya. 

Bila kendaraan terparkir, pemilik motor sebaiknya membawa helm ke dalam rumah, tempat kerja, atau menitipkan di pengelola parkir.

Selain menghindari helm hilang di parkiran, kondisi tersebut juga dimaksudkan untuk menjaga alat keselamatan berkendara tidak kehujanan. 

Helm GM EvouqGM Helm GM Evouq

"Paling aman, helm dibawa kemana saja kita pergi. Effort sedikit tapi aman. Jangan sampai ada kejadian helm di curi. Jika di kunci ke pengait bawaan motor, kemungkinan di potong tetap bisa," ucap salah satu karyawan Dunia Helm Semarang. 

 

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com