Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO SAN Luncurkan 10 Unit Bus Mercedes-Benz OH 1526

Kompas.com - 14/03/2023, 15:31 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-33, Perusahaan Otobus Siliwangi Antar Nusa (PO. SAN) meluncurkan 10 unit bus terbarunya besutan Mercedes-Benz OH 1526.

Kehadiran bus baru ini sebagai bentuk komitmen PO. SAN dalam menyediakan armada yang aman dan nyaman khususnya dalam menyambut angkutan Idul Fitri 2023.

Direktur Utama PO. SAN, Kurnia Lesani Adnan meluapkan rasa syukurnya atas capaian PO. SAN yang senantiasa bisa menjadi andalan masyarakat.

“Kami bersyukur, di tengah kondisi pasar yang penuh tantangan, PO. SAN dapat terus mewujudkan komitmennya sebagai perusahaan otobus yang terus menjawab kebutuhan masyarakat akan angkutan darat yang aman dan nyaman,” ucap Sani di Bandung, Selasa (14/3/2023).

Baca juga: Bus di Program Mudik Gratis 2023 Harus Lulus Ram Check

HUT ke-33 PO SAN luncurkan 10 busIST HUT ke-33 PO SAN luncurkan 10 bus

Kehadiran 10 bus terbaru ini melanjutkan kehadiran 6 bus baru lainnya pada 2022. Ke-10 bus baru Mercedes-Benz OH 1526 ini akan digunakan untuk melayani rute Dumai – Solo (lintas Timur Sumatera – Tol Trans-Jawa) di kelas AC bisnis sebagai bentuk peremajaan unit-unit lama yang sudah paripurna.

“PO. SAN menyadari betul bagaimana masukan dan kritik dari para penumpang setianya dapat mendorong perubahan yang positif. Sehingga kami sangat menghargai segala bentuk masukan yang terstruktur kepada manajemen PT. SAN Putra Sejahtera,” ucap Sani.

Kerjasama dengan berbagai pihak dijalin erat oleh manajemen PT. SAN Putra Sejahtera baik dengan pihak karoseri Adi Putro (Malang) dan Laksana (Semarang), pendingin SongZ, sistem telematika TransTrack.ID, bangku AMG (Malang) dan pihak pembiayaan Bank Syariah Indonesia. Hal ini dilakukan secara sinergi dalam melahirkan inovasi hingga pelayanan prima bagi seluruh pelanggan bus PO. SAN yang mengutamakan keamanan dan kenyamanan selama perjalanan.

Baca juga: Subsidi Bus Listrik Masih Terganjal TKDN 40 Persen

Adapun chassis bus Mercedes-Benz OH 1526 ini didukung PT Citrakarya Pranata (CKP) Bandung, yang merupakan perusahaan jasa dibidang penjualan dan purna jual kendaraan Mercedes-Benz, termasuk Chassis dan truk.

President Director PT. Citrakarya Pranata - Authorized Mercedes-Benz Commercial Vehicle Dealer Agustinus Hariyadi mengatakan unit Mercedes-Benz OH 1526 memiliki daya tahan terbaik di kelas Mercedes-Benz. Selain itu, biaya perawatan sangat ekonomis didukung konsumsi solar yang lebih irit.

“Hal ini seiring Mercedes Benz OH 1526 dilengkapi engine management system baru yakni pengaturan daya dan torsi yang sudah ditingkatkan. Daya maksimumnya adalah 194 kW atau 260 tenaga kuda pada 2.200 rpm. Torsinya besar yakni maksimumnya 950 Nm yang bisa dicapai pada 1.200-1.600 rpm,” ucap Agustinus.

Baca juga: Kemenhub Sediakan 585 Bus untuk Mudik Gratis 2023

Chasis Mercedes-Benz OH 1526 bertipe ladder frame yang memang sudah dikenal kuat dan lentur. Untuk kaki kakinya masih menggunakan per daun di keempat rodanya, hanya saja sudah disesuaikan yakni dengan menambahkan stabilizer dan shock absorber sehingga bus tetap stabil ketika harus menikung di jalan.

“Dengan keunggulan dari pembaharuan teknologi di Mercedes-Benz OH 1526 ini akan semakin memberikan keamanan dan kenyaman penumpang, CKP langsung melakukan Pre Delivery Inspection, atau pemeriksaan kendaraan sebelum diserahkan ke PO. SAN untuk menjaga performanya,” ucap Agustinus.

CKP diklaim memiliki keunggulan dalam hal penyediaan chasis, karena pelayanan after salesnya. Yakni CKP menjual unit bukan hanya pada saat customer membayar, akan tetapi hingga customer sudah mengoperasikan unit-unit yang dibeli.

Baca juga: Sasis Bus Terlaris Februari 2023, Hino Geser Mitsubishi Fuso

“Kami setiap saat akan mendampingi dalam operasional unit-unit tersebut untuk memastikan layanan bus yang optimal,” ucap Agustinus.

Wakil Direktur PO. SAN Kurnia Lesari Adnan mengatakan, PO. SAN akan terus meningkatkan layanan optimal bagi pengguna, selain mendatangkan bus terbaru dengan teknologi terkini, juga menyediakan platform pemesanan tiket yang mempermudah penumpang yakni Buzzit.

“Aplikasi Buzzit memberikan efisiensi dalam penjualan tiket PO. SAN, selain itu penumpang dapat menentukan bangku yang diinginkan sesuai ketersediaan, tiket untuk Angkutan Hari Raya Idul Fitri juga sudah bisa dipesan sejak 20 Februari 2023 untuk mudik ke Sumatera dari Jawa dan sebaliknya” ucap Sari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com