Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Dijual, Ioniq 6 Diklaim Sudah Punya Peminat

Kompas.com - 14/03/2023, 14:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah dipamerkan pada beberapa waktu lalu, PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) mengklaim saat ini sudah banyak masyarakat dalam negeri yang berminat membeli mobil listrik terbarunya, Ioniq 6.

Bahkan dikatakan Chief Operating Officer HMID Makmur, beberapa dari konsumen itu telah melakukan pemesanan alias pre-order. Walau tak dijelaskan secara rinci berapa besar biaya yang harus digelontorkan untuk melakukan hal terkait.

"Kami sudah pajang di Senayan. Bisa lihat di sana. (Konsumen) yang nanya kini sudah banyak, lalu yang PO (pre-order) juga sudah ada," ujar Makmur di Jakarta belum lama ini.

Baca juga: Diskon Kia Seltos, Toyota Fortuner, dan Hyundai Creta Jelang Ramadhan

Hyundai Ioniq 6 Kompas.com/Nanda Hyundai Ioniq 6

Sayangnya dalam kesempatan tersebut, Makmur tidak mengurai lebih jauh soal jumlah konsumen yang sudah pre-order Ioniq 6. Selain itu, dia juga tak mengungkap biaya yang harus dibayar untuk mengikuti prapemesanan tersebut.

"Nah, soal itu (peluncuran Hyundai Ioniq 6) tunggu tanggal mainnya aja," ujarnya.

Diketahui, HMID hanya memajang satu unit Ioniq 6 berkelir hitam pada Hyundai Motor Studio (HMS) yang bertempat di Senayan Park, Jakarta Pusat.

Sedan listrik tersebut didatangkan langsung dari negara asalnya yaitu Korea Selatan. Itulah mengapa bila melihat posisi setirnya, masih di sebelah kiri.

Secara tampilan, adik Ioniq 5 ini hadir dengan hadir dengan desain mobil sedan yang cukup sporty.

Baca juga: Impresi Awal Menyetir Generasi Baru Daihatsu Ayla

Hyundai Ioniq 6 Kompas.com/Nanda Hyundai Ioniq 6

Pada fascia depan, kap mesin dibuat melandai dengan desain lampu khas Hyundai Ioniq, dimana memadukan lampu utama proyektor dan pixel. Pada bagian bawah terdapat bagian bumper depan yang dicat warna hitam sehingga membuat tampilannya begitu agresif, lengkap dengan air intake di kedua sisi.

Beralih ke bagian samping, desain Ioniq 6 dibuat se-aerodinamis mungkin agar bisa menghemat baterai saat berkendara.

Tampilan samping mobil sedan listrik Hyundai ini cukup unik, lantaran desain spion dibuat lebih minimalis lantaran sudah tidak menggunakan kaca melainkan kamera, berbeda dengan Ioniq tipe sebelumnya. Kemudian pada pilar C ke belakang dibuat desain ala-ala mobil liftback.

Sementara pada bagian kaki-kaki disokong pelek two tone berukuran 20 inci yang serupa dengan Hyundai Ioniq 5.

Baca juga: Peraturan Jelas, Konsumen Innova Zenix Sudah Melupakan Insentif

Hyundai Ioniq 6 First EditionDok. Hyundai Hyundai Ioniq 6 First Edition

Informasi yang diterima Kompas.com, unit Ioniq 6 yang dipamerkan di Hyundai Motors Studi merupakan tipe long range dengan kapasitas baterai 77,4 kWh yang mampu menempuh jarak 524 km.

Untuk diketahui, Ioniq 6 pertama kali diperkenalkan pada Busan Motor Show pada Juli 2022. Melihat spesifikasi Ioniq 6 yang dijual secara global, sedan listrik ini dibekali dengan dua tipe baterai. yakni 53 kWh dan 77,4 kWh.

Dengan bodi yang sangat aerodinamis, Ioniq 6 diklaim dapat menempuh jarak hingga 610 km. Soal kemampuan akselerasi, dari 0-100 kilometer per jam, dapat dicapai dalam 5,1 detik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com