Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fenomena Wisman di Bali, dari Ugal-ugalan sampai Tak Bisa Naik Motor

Kompas.com - 07/03/2023, 07:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan ini, kembali ramai di media sosial terkait perilaku oknum turis di Bali. Tak sedikit dari wisatawan mancanegara (wisman) ini yang melanggar aturan lalu lintas.

Padahal, salah satu penyebab utama dari kecelakaan adalah pelanggaran aturan lalu lintas. Sehingga, sangat berbahaya jika dibiarkan.

Perilaku oknum wisman di Bali dianggap mulai meresahkan, apalagi yang menyewa motor. Banyak turis yang menyewa motor di Bali, karena motor dinilai sebagai kendaraan paling mudah dan terjangkau untuk disewa.

Baca juga: Pelat Nomor Rusia di Bali, Turis Juga Tak Pakai Helm dan Punya SIM

Tapi, tak sedikit dari para wisman ini yang malah jadinya menganggap sepele. Sehingga, para turis ini berani untuk bertindak ugal-ugalan di jalan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by The Canggu Pole (@thecanggupole)

Beberapa kelakuan wisman juga diunggah di akun Instagram @thecanggupole, mulai dari yang ugal-ugalan hingga belum mahir naik motor.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, mengatakan, Bali merupakan surganya dunia. Banyak bule atau pendatang yang merasa bebas melakukan tindakan-tindakan yang berbahaya, terutama di jalan raya.

Baca juga: Bukan Thailook, di Bali Ramai Pelat Nomor Nama Rusia

"Menurut saya, ini sudah kebablasan dan harus ditertibkan. Kita memang dalam taraf memajukan pariwisata, tapi tetap menjaga perilaku serta kearifan lokal," ujar Sony, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Turis di Bali yang belum mahir mengendarai motor dan menyebabkan kecelakaanDok. @thecanggupole Turis di Bali yang belum mahir mengendarai motor dan menyebabkan kecelakaan

Menurut Sony, para oknum turis ini adalah masyarakat yang tertib di negaranya. Dengan keterbatasan ruang gerak mereka di negaranya dan di Bali para turis tersebut merasa bebas mengeksplorasi diri.

"Tanpa tindakan yang tegas dari pihak yang berwajib justru membuat citra Pulau Bali menjadi jatuh dan bisa dijauhkan oleh pelancong, karena dinilai banyak bahayanya," kata Sony.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by The Canggu Pole (@thecanggupole)

Namun, mungkin akan menjadi dilemma juga bagi masyarakat lokal yang memiliki usaha penyewaan motor. Jika diperketat persyaratan untuk penyewaan motor, maka bisa saja pendapatannya menurun. Tapi, jika dibebaskan, bisa juga merugikan jika motor yang disewa sampai mengalami kerusakan.

"Inilah masalahnya, sementara masyarakatnya lagi berusaha bangkit dari keterpurukan ekonomi. Enggak dikasih, enggak ada pemasukan, tapi kalau dikasih bisa bikin kendaraan rusak," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com