Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Harus Mematikan Lampu Kabin Saat Berkendara Malam Hari

Kompas.com - 27/02/2023, 11:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara di malam hari, khususnya mengemudikan mobil bukanlah pekerjaan yang mudah. Membutuhkan konsentrasi tinggi agar tetap selamat sampai ditujuan.

Selain stamina, pengemudi juga perlu memperhatikan keselamatan saat berkendara di malam hari. Pengemudi perlu memastikan lampu kabin dalam kondisi mati saat mobil melaju di malam hari.

Lantas, apa hubungan mematikan lampu kabin dengan keselamatan berkendara?

Baca juga: Alasan Kenapa Lampu Kabin Bus Dimatikan Saat Perjalanan Malam Hari

Fog lamp & headlamp dihidupkan bersamaan Dicky Aditya Wijaya Fog lamp & headlamp dihidupkan bersamaan

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan berkendara mobil di malam hari harus mematikan lampu kabin untuk menjaga diri dari bahaya kriminal dan demi menjaga penglihatan pengemudi.

“Mematikan lampu kabin bertujuan untuk memperkecil peluang terjadinya tindak kriminal, karena begitu lampu kabin dinyalakan itu dapat memberikan informasi kepada pelaku kejahatan untuk memperlancar aksinya,” ucap Sony kepada Kompas.com, Minggu (26/2/2023).

Maka dari itu, untuk memperkecil peluang terjadinya tindak kriminal yang tidak diharapkan, pengemudi perlu mematikan lampu kabin.

Baca juga: Bahaya Menyalakan Lampu Kabin Saat Berkendara pada Malam Hari

Mengemudi malam hari, harus bijaksana!indiandrives Mengemudi malam hari, harus bijaksana!

 

“Dengan tidak diketahuinya kondisi di dalam kabin, maka pihak lain tidak akan tergiur untuk melakukan kejahatan, seperti mengambil benda berharga yang ada di dalam kabin, bahkan pelaku bisa saja ragu karena informasi target tidak cukup jelas,” ucap Sony.

Selain dapat memicu terjadinya tindak kriminal, lampu kabin yang menyala akan membuat kualitas penglihatan pengemudi menurun.

“Cahaya yang ada di dalam kabin akan lebih terang daripada di luar, sehingga penglihatan pengemudi akan terganggu, itu cukup berisiko kepada keselamatan berkendara,” ucap Sony.

Jadi, mengemudikan mobil di malam hari memang harus mematikan lampu kabin untuk menghindari terjadinya kecelakaan dan tindak kriminal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com