Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rencana Chery Luncurkan Omoda 5 Versi Listrik Akhir 2023

Kompas.com - 26/02/2023, 12:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana Chery untuk pasar Indonesia tidak hanya terbatas pada pengembangan, penjualan dan produksi kendaraan bermesin pembakaran alam (internal combustion engine/ICE) saja, tetapi juga mobil listrik.

Produsen otomotif asal China ini kabarnya telah menyiapkan Chery Omoda 5 versi battery electric vehicle (BEV), alis mobil listrik berbasis baterai murni untuk dibawa ke Indonesia pada akhir tahun.

Baca juga: Selain Replika Mobil Klasik, Kuno ID Terima Konversi Mobil Listrik

“Di Indonesia tahun ini, kami akan memulai dengan menampilkan BEV pertama yakni versi listrik dari omoda 5. Selanjutnya, kami akan merencanakan launching produk pada akhir Agustus,” ucap Executive Vice President of Chery Motor Indonesia, Zhang Wei, kepada Kompas.com, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Chery Omoda 5 dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Omoda 5 hadir dalam tiga varian yang masing-masing dibekali mesin berkubikasi 1.500 cc turbo.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Chery Omoda 5 dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Omoda 5 hadir dalam tiga varian yang masing-masing dibekali mesin berkubikasi 1.500 cc turbo.

“Jadi tahun ini kita akan memperkenalkan BEV pertama kami, dan berusaha untuk suplai unit dan mulai pengiriman ke konsumen di akhir tahun ini,” lanjutnya.

Berbeda dengan pabrikan otomotif lainnya yang kini tengah berlomba-lomba meluncurkan kendaraan elektrifikasi, agar dapat insentif kendaraan listrik pada Maret 2023 mendatang. Chery justru tidak menunggu insentif dari pemerintah untuk menjual kendaraan listrik.

“Kami tidak menunggu insentif dari pemerintah, karena kami ingin mempersiapkan dan menyediakan produk untuk pasar yang tepat,” kata Zhang.

Baca juga: Tips Aman Mengemudi di Jalan Sempit, Perhatikan Kaca Spion dan Pilar Kabin

Sebagai informasi, pada ajang IIMS 2023 Chery memboyong Omoda 5 versi ICE, dengan bentuk ringkas dan mesin 1.500 cc turbo, mobil ini disebut bakal menjadi pesaing serius Honda HR-V.

Bicara soal harga, Chery memasarkan Omoda 5 dengan banderol perkenalan sebesar Rp 328 juta untuk tipe Z dan Rp 398 juta untuk tipe RZ yang menjadi varian tertinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com