Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai Mobil Listrik, Masih Ada Konverter Bahan Bakar Gas di IIMS 2023

Kompas.com - 21/02/2023, 18:31 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Dewasa ini teknologi elektrifikasi semakin ramai dengan kemunculan produk-produk baru. Namun demikian masih ada cara lain untuk menghemat pengeluaran untuk bahan bakar.

Salah satunya melalui teknologi dual fuel, yakni pemasangan converter kit yang memungkinkan mobil menenggak bensin sekaligus gas.

Masnila Trisna Utami, Area Head Sales & Operation Region I PT Gagas Energi Indonesia (PGN), mengatakan, alat ini terdiri dari dua komponen utama, yakni tabung gas dan converter kit.

Baca juga: Daftar Mobil Baru yang Tersedia di IIMS 2023

Converter kit teknologi dual fuel PertaminaKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Converter kit teknologi dual fuel Pertamina

“Konverter ini tersambung ke tabung gas di belakang, dari sini nanti ada switch-nya yang berada di dasbor depan,” ujar Masnila, kepada Kompas.com (21/2/2023).

“Jadi misalkan gasnya sudah ada indikasi mau habis, ditandai indikator kedip-kedip, nanti alat bisa switch manual atau secara otomatis (ganti ke bensin),” kata dia.

Masnila menambahkan, konsumen yang tertarik dengan alat tersebut, bila melakukan pemesanan ke PGN atau melalui bengkel rekanan.

Baca juga: Penjelasan Toyota Indonesia Soal Rencana Produksi Yaris Cross Hybrid

“Ini dijual, saat ini ada dua bengkel yang bisa memasang atau mengerjakan converter ini. Di BSD dan Pondok Gede, nama bengkelnya Auto Gas Indonesia,” ucap Masnila.

“Nanti dapat tabung dan converter kit, kisaran Rp 25 juta sampai Rp 30 juta. Itu dari bahan komposit, memang ada yang lebih murah, tapi dia agak berat bahannya dan volumenya lebih kecil,” ujarnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com