Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meluncur Pertengahan 2023, VKTR dan GAS Kerja Sama Bikin Motor Listrik

Kompas.com - 23/12/2022, 18:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejumlah merek dalam negeri mulai serius mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Paling baru inisiatif yang dilakukan oleh VKTR dan GAS untuk meluncurkan jajaran produk baru mulai tahun depan.

Seperti diketahui, anak perusahaan Grup Bakrie PT VKTR Teknologi Mobilitas (VKTR), telah menggandeng PT Gaya Abadi Sempurna Tbk (GAS), induk usaha PT Juara Bike, produsen kendaraan listrik dengan merek Selis.

Direktur Utama VKTR Gilarsi W. Setijono, mengatakan, masuknya VKTR di industri motor listrik merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam mendukung pemerintah mewujudkan program net zero emission 2060.

Baca juga: Valentino Rossi Resmi Jadi Pebalap Tim Pabrikan BMW

Perwakilan VKTR dan GAS tandatangani MoU produksi motor listrik.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Perwakilan VKTR dan GAS tandatangani MoU produksi motor listrik.

Menurutnya, VKTR bersama GAS akan memproduksi empat model sepeda motor listrik, yakni tipe V, K, T dan R.

"Persiapan kami sudah matang, termasuk R&D, produksi, pemasaran dan aktivitas after sales-nya,” ujar Gilarsi, dalam konferensi pers di Jakarta (23/12/2022).

“Kami pastikan, pertengahan 2023 akan lahir satu produk sepeda motor listrik, bukan sekadar moda transportasi ramah lingkungan roda dua, melainkan lifestyle mobility solution yang akan mengubah definisi kenyamanan dalam berkendara dengan performa terbaik di kelasnya," kata dia.

Baca juga: Begini Cara Ampuh Cegah Ngantuk Saat Mengemudi di Jalan Tol

Kolaborasi ini dimulai dengan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara kedua belah pihak, di Jakarta, Jumat (23/12/2022).

Gilarsi menambahkan, pihaknya optimis bahwa dengan ditandatanganinya MoU ini, melalui sumberdaya yang dimiliki masing-masing, ke depan akan mampu mendobrak pasar dan menghasilkan produk sepeda motor listrik yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Sementara itu, Direktur Utama GAS Edi Hanafiah Kwanto, mengatakan, pihaknya menyambut baik kerja sama ini.

Baca juga: Kecelakaan di Cibubur, Pajero Sport Tertimpa Truk Saat Putar Balik

VKTR dan GAS (Selis) berencana untuk meluncurkan jajaran produk baru mulai tahun depan.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA VKTR dan GAS (Selis) berencana untuk meluncurkan jajaran produk baru mulai tahun depan.

Meskipun telah lama malang melintang di industri sepeda motor listrik di Tanah Air, kemitraan dengan VKTR akan lebih membuka peluang untuk memasuki pasar kendaraan listrik secara lebih luas.

“Melalui kerja sama ini, kami berharap bisa terus memahami kebutuhan pengguna EV di Indonesia, meningkatkan kemudahan pemakaian dan keandalan dari teknologi, dan memberikan yang terbaik bagi konsumen serta ikut berkontribusi mencapai bebas emisi dan net zero pada tahun 2060,” ujar Edi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com